Mantan Teroris: Pelaku Bom Solo Pemain Baru

Polisi menyisir jalan untuk mencari serpihan bom saat proses identifikasi terhadap pelaku bom bunuh diri di Mapolresta solo, Jawa Tengah, Selasa (5/7/2016).
Sumber :
  • ANTARA/Maulana Surya

VIVA.co.id – Mantan teroris Ali Fauzi Manzi menilai bahwa bom yang digunakan pelaku dalam serangan bom bunuh diri di Markas Kepolisian Resor Kota Surakarta Jawa Tengah, Selasa, 5 Juli 2016, sangat lemah. Itu menandakan aksi teror tersebut tidak dirancang matang alias amatiran.

Mengapa Isu Rohingya Bisa Picu Terorisme di Indonesia

"Kalau lihat dari foto-foto yang tersebar di medsos, itu bom yang dipakai pelaku very low explosives. Anda lihat, pot bunga di dekat pelaku dan sepeda motornya saja tidak hancur. Kalau high, itu daya hancurnya pasti besar," kata Fauzi kepada VIVA.co.id melalui sambungan telepon.

Mantan instruktur bom Jamaah Islamiyah Perwakilan Jawa Timur menilai, aksi bom di Solo sangat amatiran. Tidak ada perencanaan matang. Seperti melakukan survei lapangan sebelum beraksi dan menyusun rencana A, atau B jika gagal rencana A.

Meredam Teror

"Ibarat main bola, pelaku ini pemain baru tapi langsung ingin main di liga. Yang pemain lama saja gagal, apalagi pemain baru," ucap Fauzi. "Jadi pelaku ini semangat meledak-ledak, tapi kemampuan kecil."

Kendati begitu, adik bomber Bali, Amrozi, itu menganalisis bahwa aksi bom Solo tidak terlepas dari jaringan dan kelompok lama. Cuma pelaku bisa disebut sebagai pemain baru di lingkungan radikal dan teroris Indonesia. "Berasal dari kelompok dan jaringan mana, itu masih perlu dipelajari," katanya.

Video Pria 10 Juta Dolar US di Balik Teror Polisi Tangerang

Seperti diberitakan, bom bunuh diri meledak di dekat Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Markas Polresta Solo pada Selasa pagi, 5 Juli 2016. Pelaku yang menggunakan sepeda motor hijau saat beraksi tewas akibat bom yang ia bawa. Sementara satu anggota polisi setempat mengalami luka.

Kepala BNPT Boy Rafli Amar.

Gandeng Ali Fauzi, BNPT Bikin Rusun untuk Anak Mitra Deradikalisasi

Rumah Susun (rusun) untuk anak mitra deradikalisasi itu berada di Kabupaten Lamongan, Provinsi Jatim.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2022