Wajah Santoso Utuh Meski Tewas Usai Baku Tembak

Santoso alias Abu Wardah saat masih hidup bersama anggotanya di pedalaman hutan Sulawesi.
Sumber :

VIVA.co.id – Tim dokter Kepolisian telah melakukan proses identifikasi terhadap jenazah pimpinan teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT), Santoso alias Abu Wardah dan Muchtar.

TNI: Pengikut Santoso Tinggal Tujuh Orang dengan Dua Senjata

"Ada enam sebenarnya tapi baru lima (diketahui) di antaranya, pengenalan wajah dari kelompok yang mereka tangkap kemudian ciri ciri tahi lalat di kanan tengah tengah yang (berukuran) 0,7 sentimeter," kata Juru Bicara Markas Besar Polri, Inspektur Jenderal Polisi Boy Rafli Amar di kantornya, Jakarta Selatan, Selasa, 19 Juli 2016.

Kemudian, kata Boy, berkaitan dengan pemeriksaan ada bekas luka tembak pada paha yang terjadi 2007, serta tahi lalat di bawah bibir sebelah kiri, yang kelima berkaitan dengan sidik jari jenazah tersebut.

Anggota Gugur, Satgas Tak Kendur Buru Kelompok Santoso

"Jadi pernah diambil (data diri Santoso) 2004 memang mengarah pada Santoso jadi sesuai prosedur pelaksanaan tinggal DNA yang belum dilakukan," katanya menambahkan.

Dengan demikian, kata Boy, Kepolisian dan dokter dengan melakukan identifikasi jenazah Santoso berkat kondisi mukanya tidak rusak, meski sempat baku tembak dengan pasukan TNI dalam Operasi Tinombala.

Baku Tembak dengan Kelompok Santoso, Satu Prajurit Tewas

"Dari wajah kita lihat bagus utuh, sehingga cepat dikenali para rekan sebelumnya yang menyerahkan diri atau tertangkap," katanya.

Hingga saat ini, dua jenazah sudah berada di Rumah Sakit Bhayangkara, Palu, Sulawesi Tengah dan sedang dilakukan proses identifikasi oleh tim Kepolisian dan dokter.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya