Ahli Forensik: Secara Medis Tidak Ada Orang Mati Berkeringat

Peti jenazah Santoso dikawal petugas keamanan depan Ruangan Instalasi Forensik Rumkit Bayangkara, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (19/7/2016).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fiqman Sunandar/Spt/16.

VIVA.co.id - Direktur Victim Identification (DVI) Mabes Polri, Anton Castilani, menanggapi dingin soal kehebohan netizen atas tampilan jenazah gembong teroris kelompok Mujahidin Indonesia Timur, Santoso alias Abu Wardah.

Belum lama ini memang sempat beredar video singkat jasad Santoso sebelum dimakamkan. Dalam tayangan gambar itu, terlihat wajah Santoso bercucuran keringat sehingga harus diseka berulang-ulang oleh pelayat.

Viral Pegawai Minimarket Ribut dengan Tukang Parkir Liar, Netizen: Premanisme Terselubung

Keanehan itu kemudian dikaitkan netizen dengan sejumlah riwayat dalam sejarah Islam. Dimana diyakini, bahwa jasad yang yang dahi atau wajahnya berkeringat dianggap sebagai pertanda mati sahid.

"Secara teori dan ilmiah tidak mungkin. Jadi enggak ada (Jasad berkeringat)," kata Anton, Selasa 26 Juli 2016.

Sebab itu, Anton berharap publik tidak harus mempercayai soal isu kemunculan keringat di jasad Santoso seperti yang beredar di jejaring sosial. "Tidak perlu dipermasalahkan, karena yang seperti itu isu saja," kata dia.

Chandrika Chika.

Chandrika Chika Ditangkap karena Kasus Narkoba, Netizen: Udah Benar Joget Papi Chulo Aja

Selain Chandrika Chika, ada 5 orang lainnya yang merupakan teman dari selebgram tersebut, di antaranya adalah yang berinisial AT, MJ, AMO, BB dan AJ.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024