Amankan KTT WIEF ke-12, TNI Kerahkan 10.150 Personel

Pangdam Jaya Mayjen Teddy Lhaksmana
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA.co.id - Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengerahkan sebanyak 10.150 personel untuk mengamankan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi World Islamic Economic Forum (KTT WIEF) ke-12 di JCC, Jakarta pada 2-4 Agustus 2016.

Adapun 10.150 personel itu terdiri dari Koopspam 300 orang, Kostrad 1.200 orang, Kosatgaspam TM 500 orang, Kohanudnas 700 orang, Kodam Jaya 2.200 orang, Koarmabar 1.000 orang, Koopsau I 650 orang, Kopassus 550 orang, Korps Marinir 1.200 orang, Korpaskhas 2.700 orang, Lanud Halim PK 350 orang, Kodam Sriwijaya 200 orang, dan Kodam III/Siliwangi 600 orang.

Pangdam Jaya Mayjen TNI, Teddy Lhaksmana selaku Pangkoopspam KTT WIEF ke-12 mengatakan, puluhan ribu personel dikerahkan untuk menjamin pelaksanaan KTT WIEF ke-12 dapat berlangsung secara tertib, aman dan berhasil.

"Penyelenggaraan KTT ini adalah kepercayaan internasional terhadap Indonesia dan sekaligus sebagai kehormatan dan harga diri bangsa bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah KTT WIEF 2016 dengan harapan semua agenda dapat dilaksanakan dengan tuntas," kata Teddy dalam apel kesiapan KTT WIEF ke-12 di Monas, Jakarta Pusat, Kamis, 27 Juli 2016.

Ia menjelaskan, pengamanan pelaksanaan kegiatan tersebut juga melibatkan Polri dengan sasaran pengamanan yakni mengatasi kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas, unjuk rasa anarkis, kerusuhan atau pembakaran, aksi terorisme, penyalahgunaan senjata api, bom maupun peledak serta sabotase dan penculikan.

"Saya tegaskan kita harus bisa menjamin keamanan semua VIP dan VVIP serta sidang KTT mulai dari kedatangan sampai peserta kembali ke negara masing-masing sehingga kegiatan itu dapat dilaksanakan dengan baik dan berhasil," ujarnya menerangkan.

Ia menambahkan, sejumlah alutsista yang dikerahkan dalam Koopspam KTT WIEF Ke-12, dari TNI AD sebanyak dua unit Heli Bell-412, enam unit tank Anoa, dua unit Ransus Jihandak dan tiga unit Detector/Radiasi.

TNI AL terdiri dari tiga unit KRI (1 LPD dan 2 PKR) dan dua unit Heli Bell on Board. TNI AU terdiri dari satu Flight SU 27/30, satu Flight F-16, dua unit Heli NAS-332 Super Puma dan dua Rai QW-3.

Dalam kesempatan tersebut, Teddy membacakan amanat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang mengajak seluruh masyarakat untuk menyukseskan penyelenggaraan sidang KTT WIEF ke-12 nanti.

"Sekecil apapun peran saudara adalah merupakan bentuk kepedulian dan dukungan yang baik dalam menyukseskan jalannya KTT WIEF ke-12 di Indonesia ini."

Laporan: Yunisa Herawati

Menilik Ekonomi Islam Menjawab Tantangan Global
Komisaris Utama PT Pertamina Tanri Abeng

Saran Tanri Abeng untuk Dorong Ekonomi Tumbuh 8 Persen

Restrukturisasi UMKM topang pertumbuhan ekonomi seluruh negara.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016