Kapal Karam Viking Lagos 'Minta' Korban

Ilustrasi/Pencarian korban hanyut di sungai
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan (Depok)

VIVA.co.id - Keberadaan Kapal MV Viking Lagos, yang dikandaskan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI di kawasan Pasir Putih Pantai Pangandaran, Jawa Barat, Minggu 31 Juli 2016, nyaris memakan korban jiwa.

Kamal (23) seorang wisatawan asal Dusun Bojongsalam RT.02/04 Desa Karang Tengah, Kecamatan Kedung Ngora, Kabupaten Garut, Jawa Barat, terjatuh dari bangkai kapal tersebut dan terseret arus laut yang cukup kuat.

Beruntung, nyawanya dapat terselamatkan berkat kesigapan penjaga pantai (lifeguard) dari Balawista yang sedang melakukan patroli.

Sekretaris Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista), Asep, kepada VIVA.co.id, menuturkan kejadian bermula saat Kamal menaiki bangkai kapal yang ada di kawasan Pasir Putih ini terpeleset dan jatuh ke laut.

"Beruntung ada tali tambang dari kapal tersebut. Padahal arusnya sangat kuat. Kalau tidak ada tambang mungkin korban sudah terseret ke dasar laut," ujar Asep.

Petugas penjaga pantai dari Patroli Balawista yang melihat kejadian itu langsung melakukan pertolongan serta dibantu oleh perahu pesiar di sekitar lokasi.

Korban yang diselamatkan lalu segera dievakuasi. Saat ini, korban masih dalam kondisi kritis, serta dilakukan perawatan dan pemulihan di IGD Puskesmas Pangandaran.

Asep pun berharap ada rambu-rambu atau garis pembatas agar wisatawan dilarang menaiki kapal tersebut karena sangat berbahaya dan berisiko tinggi.

"Bukan hanya kecelakaan terbentur badan kapal atau batu karang yang tajam, bahkan wisatawan bisa tenggelam terbawa arus yang sangat kuat," tutur dia.

KM Ravelia 2 Miring Kiri dan Karam dengan Cepat

(ren)

Kapal KMP Refelia II tenggelam

KMP Rafelia 2 Tenggelam, Basarnas Fokus Cari 5 Orang Hilang

Tim melakukan pencarian lewat laut dan udara.

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2016