Skema Asuransi untuk Satu Juta Nelayan

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
Sumber :
  • Antara/Joko Sulistyo

VIVA.co.id - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menyatakan pihaknya sudah selesai merumuskan skema pemberian asuransi untuk satu juta nelayan di Indonesia.

Jaga Muruah Nelayan Indonesia dengan Melek Teknologi

"Total asuransi yang akan diberikan senilai Rp175 miliar," kata Susi di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Gambir, Jakarta Pusat, Senin, 1 Agustus 2016.

Menurutnya, skema asuransi yang sudah dipersiapkan terbagi dalam dua kategori. Pertama, asuransi bagi nelayan yang sedang melaut atau menjalankan aktivitas sebagai nelayan.

Menteri Edhy: Buat Apa Ada KKP, Kalau Nelayan Tidak Diurus

Kedua, asuransi bagi nelayan yang sedang tidak melaut atau sedang tidak menjalankan aktivitasnya sebagai nelayan.

"Jumlah santunan bagi nelayan yang sedang melaut, apabila terjadi kecelakaan yang menyebabkan kematian, Rp200 juta. Cacat tetap Rp100 juta dan untuk biaya pengobatan Rp20 juta," ujar Susi.

Pencarian 13 Nelayan Hilang di Perairan Nias Masih Nihil

Sementara itu, skema santunan untuk nelayan yang mengalami kecelakaan di luar aktivitas penangkapan ikan (sedang tidak melaut) sebesar Rp160 juta untuk nelayan yang meninggal dunia, cacat tetap Rp100 juta dan biaya pengobatan sebesar Rp20 juta.

"Jadi, skema asuransi nelayan sudah firm. Sore ini review dokumen penawaran dan besok kami akan umumkan pemenang tender-nya," kata Susi. (ase)

Nelayan asal Aceh yang Dapat Amnesti dari Raja Thailand

51 Nelayan asal Aceh Bebas, Dapat Pengampunan Raja Thailand

Para nelayan asal Aceh ditangkap karena melaut di wilayah Thailand.

img_title
VIVA.co.id
11 September 2020