Heboh Penemuan Harta Karun di Sungai Sebengkok Kalimantan

Ilustrasi harta karun.
Sumber :
VIVA.co.id
Harga Emas Stabil di Tengah Pelemahan Dolar
- Warga di Kalimantan Utara sedang dihebohkan dengan penemuan sejumlah 'harta karun' dari emas yang tertimbun di dasar Sungai Sebengkok. Warga yang masih meyakini sungai penuh sampah ini masih menyimpan benda berharga lain, kini beramai-ramai ikut berendam di sungai.

Mau Investasi Emas? Ini Keuntungannya

Kehebohan temuan harta karun Sungai Sebengkok ini berawal dari temuan tidak sengaja tiga warga yang bekerja serabutan saat hendak mengambil kayu yang hanyut di aliran Sungai Sebengkok.
Pasangan Ini Temukan Harta Karun dari Kursi Rp86 Ribu


Temuan tak sengaja itu memang mengejutkan. Bagaimana tidak, ketiga orang ini menemukan belasan keris, pedang sepanjang satu meter, tongkat berwarna emas, patung manusia ular, Alquran kecil, mangkok dari perunggu dan yang paling unik adalah telur dari emas dengan simbol seperti huruf Cina di tengahnya.


Amril, salah seorang di antara warga yang beruntung mengaku, temuan itu membuat mereka terkejut. Mereka pun membagi rata temuan itu. "Awalnya mau angkat kayu hanyut di sungai, tiba-tiba ada yang menusuk kaki. Jadi diperiksa, ternyata keris. Dari situlah penemuan yang lain dapat," kata Amril, Selasa, 2 Agustus 2016.


Penemuan itu sontak membuat heboh. Warga setempat pun langsung beramai-ramai mendatangi Sungai Sebengkok. Beberapa di antaranya bahkan juga ikut melakukan pencarian harta karun yang mungkin tersisa.


Amril mengaku akan menjual barang temuannya tersebut. Tergantung dengan harga yang ditawarkan. "Kalau ada yang cocok harganya akan saya jual. Hitung-hitung mengubah nasib," katanya.


Sejauh ini, belum ada yang bisa memastikan darimana asal mula harta karun berupa emas di Sungai Sebengkok tersebut. Warga menduga, emas-emas itu berasal dari peninggalan dari masa dinasti China yang berdagang hingga ke Sungai Sebengkok.


Muhammad Tahir/Kalimantan Utara

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya