Enam Ratus Rumah di Dompu Rusak Digoyang Gempa

Rumah rusak berat akibat gempa bumi di Dompu, NTB, Senin, 1 Agustus 2016.
Sumber :
  • BNPB

VIVA.co.id - Gempa berkekuatan 5,7 skala richter yang mengguncang Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat, Senin pagi, 1 Agustus 2016, menimbulkan kerusakan bagi ratusan rumah warga.

Data dari Badan nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), akibat gempa dengan kedalaman 22 kilometer dan berpusat di 63 kilometer barat laut Kabupaten Dompu, sebanyak 682 unit rumah mengalami kerusakan.

Gunung Ruang Erupsi Tim SAR Susuri Pesisir Laut Kepulauan Sitaro Evakuasi Warga Tertinggal

Dengan rincian, 91 rumah rusak berat, 85 rumah rusak sedang dan 516 rumah rusak ringan.

"Selain itu gempa juga menyebabkan empat orang luka ringan, bangunan fasilitas umum enam rusak berat, 11 rusak sedang dan 10 rusak ringan," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 2 Agustus 2016.

Gunung Ruang di Sulawesi Utara Meletus, 828 Warga Dievakuasi

Saat ini, upaya penanganan darurat masih terus dilakukan. Seluruh unsur terkait dan pemerintahan setempat telah memberikan bantuan. "Telah disalurkan ke masyarakat 150 dus mi instan dan 1.150 kilogram beras," kata Sutopo.

(ase)

Kaesang Tepis Isu Erina Gudono Maju Pilbup Sleman
Gunung Api Ruang di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara

5 Potret Dahsyatnya Erupsi Gunung Ruang di Sulut, Muntahkan Lava dan Petir

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menjelaskan peningkatan aktivitas vulkanik di Gunung Ruang terhitung mulai Selasa 16 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024