Gunung Gamalama Erupsi, Bandara di Ternate Ditutup

Ilustrasi/Gunung Gamalama meletus terlihat dari udara di atas Ternate, Maluku Utara,(18/09/2012).
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVA.co.id - Gunung Gamalama di Pulau Ternate, Kepulauan Maluku mengalami erupsi, Rabu, 3 Agustus 2016. Luncuran abu vulkanik pun membentang hingga 600 meter dari Tenggara ke Selatan dan memaksa aktivitas bandar udara setempat ditutup.

Gubernur Laporkan Informasi Semua Kejadian Bencana di Sumbar kepada Presiden

Penutupan ini, berdasarkan laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), akan dilangsungkan hingga Kamis 4 Agustus 2016. "Bandara Babullah ditutup sementara dari Rabu hingga Kamis akibat tertutup abu vulkanik Gunung Gamalama," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwonugroho dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 3 Agustus 2016.

Letusan Gunung Gamalama diduga dipicu oleh aktivitas gempa pada Rabu, sekira pukul 06.14. Laporan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ada gempa berkekuatan 4,6 skala richter di 86 kilometer barat daya Halmaher Barat dengan kedalaman 18 kilometer.

Gunung Karangetang Mengalami 10 Kali Gempa Embusan, Menurut PVMBG

Gempa ini, diikuti dengan tremor terus menerus, sehingga membuat adanya tekanan ke dalam dapur magma Gunung Gamalama. "Suara gemuruh terdengar tiga kali. Pada pukul 07.09, 07.12 dan 07.13. Hembusan abu mulai menurun pada pukul 06.55," kata Sutopo menambahkan.

Masyarakat setempat diimbau untuk tetap tenang dan belum perlu untuk mengungsi. Informasi terpadu tetap terfokus pada sumber resmi dari pos pengamatan Gunung Api Gamalama, Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau pemerintahan setempat.

5 Negara dengan Pertumbuhan Populasi Terendah di Dunia

"Saat ini erupsi Gamalama dalam level II, status waspada dengan rekomendasi tidak boleh ada aktivitas penduduk dalam radius 1,5 kilometer."

(mus)

Gunung Ile Lewotolok

Aktivitas Erupsi Gunung Ile Lewotolok Masih Tinggi, Menurut Badan Geologi

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mencatat aktivitas erupsi Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) masih tinggi.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024