Cerita Liberty Sitinjak Ditawari Uang Besar oleh Freddy

Mantan Kalapas Batu Nusakambangan Liberty Sitinjak
Sumber :
  • VIVA.co.id / Anwar Sadat

VIVA.co.id - Mantan Kepala Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Liberty Sitinjak, sudah memenuhi panggilan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Soal Kabinet Jilid II, Haris Azhar: Yang Kasihan ‘Rumput di Bawah'

Setelah memberikan keterangan, Sitinjak tidak bersedia menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi pertemuan dengan pihak BNN. Dia akan melaporkan hal tersebut kepada pimpinannya, yakni Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly.

Namun, ketika ditanya terkait tekanan yang didapat saat menjadi Kepala Lapas, ia mengakui hal tersebut. Terutama tekanan dari gembong narkotik Freddy Budiman, yang telah dieksekusi mati beberapa waktu lalu.

"Tekanan dari Freddy Budiman? Oh ya pasti (tekanan dari Freddy Budiman) " kata Sitinjak di Gedung BNN jalan MT. Haryono, Jakarta Timur, Senin, 8 Agustus 2016.

Menurutnya, tekanan seperti itu adalah hal biasa yang dihadapinya. Karena menjadi seorang kepala lapas di Nusakambangan juga merupakan tekanan yang sangat besar. Pasalnya, tahanan yang ada di lapas tersebut adalah terpidana yang terbukti melakukan kejahatan besar.

"Soal tekanan, Nusakambangan saja tekanan buat saya. Apalagi orang-orang yang di dalam. Anda kan tahu di sana dihuni oleh berbagai warga negara toh," ujar Sitinjak.

Bahkan, selama perjalanannya memimpin lapas Batu Nusakambangan, Sitinjak tak menampik Freddy pernah menawarkan sejumlah uang yang nominalnya cukup besar untuk mempermudah urusan Freddy di dalam penjara.

"Hak Freddy menawarkan, namun hak saya juga untuk menolaknya," Sitinjak menegaskan. (ase)

Mantan Sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi.

Buronannya Ada di Apartemen Mewah Jakarta, KPK Tak Berani Tangkap

Eks Sekretaris MA Nurhadi buronan KPK. Tak juga ditangkap-tangkap.

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2020