Beli Es Krim di Makassar Bisa Pakai Sampah

Ilustrasi tempat sampah.
Sumber :
  • Pixabay/Romi

VIVA.co.id – Pemerintah Kota Makassar kembali meluncurkan program unik untuk meningkatkan kesadaran kebersihan masyarakatnya. Tim program bidang kebersihan kota tersebut memungkinkan sampah untuk ditukar es krim.

Lomba Bank Sampah yang Digelar Dinas Lingkungan Hidup Tangsel Jadikan Momentum Peringatan HPSN 2024

"Untuk memaksimalkan program kebersihan kami terus melibatkan masyarakat. Makanya kita dituntut berinovasi, saat ini sampah bisa ditukar es krim di sejumlah bank sampah," kata Koordinator Tim Program Kebersihan Kota Makassar, Saharuddin, di Makassar, Sabtu 13 Agustus 2016.

Menurut Saharuddin, program ini dicetuskan atas kerja sama pemerintah kota dengan perusahaan pembuat es krim, yaitu Walls area IC east. Namun, program ini hanya berlaku di bank sampah tertentu, seperti Bank Sampah Ballaparang, Karuwisi, Tallo, dan Makassar. 

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Dinas Lingkungan Hidup Tangsel Gelar Lomba Bank Sampah

Program ini dijalankan untuk khusus untuk bank sampah dengan daya listrik yang cukup untuk lemari pembeku atau freezer

"Ini membuka peluang bagi masyarakat lorong untuk lebih berdaya lagi. Apalagi jika BULo atau Badan Usaha Lorong mulai berjalan, semuanya dapat bersinergi," kata Sahar.

Kemenparekraf Wujudkan Desa Wisata Berseri, Sandiaga Uno: Semoga Tingkatkan Minat Wisatawan

Setiap nasabah dapat menukarkan sampah mereka dengan es krim Walls, sesuai nilai sampah yang ditukarkan. "Misalnya, setelah penimbangan harga sampah nasabah sebesar Rp15 ribu, nasabah dapat menukarnya dengan es krim senilai itu," ujar dia.

(ren)

Desa Kelawi yang terletak di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan

Mengenal Kelawi, Pemenang Desa BRILiaN Hijau Berkat Inovasi Berkelanjutan

Dengan berbagai pengembangan potensi dan inovasi, Desa Kelawi dianugerahi penghargaan sebagai Desa BRILiaN Hijau 2023. Potensi wisata itu pun dimaksimalkan oleh masyaraka

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2024