Saat Gajah-gajah di Bali Ikut Upacara Bendera

Gajah mengikuti upacara bendera
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan

VIVA.co.id – Hari ini, seluruh publik Nusantara larut dalam kegembiraan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71. Hampir di tiap sudut kota hingga desa, seluruh warga negara menggelar upacara bendera sekaligus mengenang perjuangan para pahlawan memerdekakan bangsa ini.

Top Trending: TNI Semprot Kepsek yang Ogah Upacara Bendera, Oknum Habib Kegep Zina

Sejumlah acara unik pun digelar. Salah satunya di Bali Safari and Marine Park. Kendati hujan turun sejak pagi, sedikitnya empat ekor gajah terlihat mengikuti upacara bendera HUT Republik Indonesia ke-71.

Ada empat ekor gajah. Mereka adalah Theresa (29), Bella (27), Manis (23) dan Arlie (22). Gajah asal Sumatera yang seluruhnya berjenis kelamin betina itu begitu khidmat mengikuti upacara yang digelar di bawah rintik hujan itu.

Panas, Anggota TNI Semprot Kepala Sekolah yang Diduga Ogah Upacara Bendera Tiap Senin

Tak hanya sekadar berdiri, mereka juga ikut hormat begitu Sang Saka Merah Putih dikibatkan. Jika manusia menaikkan tangan kanan ke pinggir pelipis mata, gajah-gajah itu nampak melingkarkan belalai panjang mereka sebagai tanda penghormatan.

Keeper gajah-gajah itu, Putri mengaku hanya membutuhkan waktu dua hari saja untuk melatih mereka.

Mayang Dilaporkan Diduga Karena Hina Lambang Negara, Polisi Mulai Usut Laporan

"Saya melatih mereka dalam waktu dua hari," kata Putri, Rabu, 17 Agustus 2016.

Tak ada kesulitan dalam melatih gajah-gajah itu. Yang diperhatikannya adalah rasa bosan.

"Kesulitannya cuma mereka bosan saja berbaris. Kalau mereka sudah nampak tak tenang, barisannya tidak rapi, kita saja sebagai keeper mundur ke belakang untuk merapikan barisan," ujarnya.

General Manager Bali Safari and Marine Park, William Santoso menuturkan, pihaknya sengaja melibatkan satwa dalam kegiatan tersebut. "Dalam setiap kegiatan kita selalu melibatkan mereka karena kita ingin menunjukkan jika mereka adalah bagian dari setiap acara yang kami selenggarakan," kata William.

Ia menuturkan, tak hanya pada HUT RI kali ini saja, tiap kali hari Kemerdekaan Indonesia tiba satwa-satwa di sana selalu dilibatkan. Juga, tiap acara-acara penting lainnya Taman Safari and Marine Park selalu melibatkan satwa.

"Sekali lagi kami ingin menunjukkan jika satwa-satwa ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan yang kami buat," ujarnya.

Yang terpenting dilakukan sebelum melibatkan satwa-satwa itu menurut William adalah terpenuhinya hak dasar hewan. "Sebelum dilibatkan, kita pastikan dahulu hak mereka terpenuhi. Kesejahteraan satwa-satwa ini adalah hal utama," kata William.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya