Setiap Tahun, 300 Triliun Habis untuk Beli Rokok

Ilustrasi rokok.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id - Juru Bicara Wakil Presiden Jusuf Kalla, Husain Abdullah mengungkapkan bahwa JK mengimbau masyarakat untuk memperhatikan peringatan yang ada di kemasan rokok.

Peredaran Rokok Ilegal Semakin Marak, Ini Buktinya

Menurutnya, rokok sangat jelas membahayakan kesehatan masyarakat.

"Pak JK memberi kita perspektif bahwa rokok membahayakan kesehatan, bahkan di internasional dipampang di setiap kemasan bahwa rokok membunuh. Nah, pada saat ini, Pak JK menyatakan jangan abai dengan pengumuman itu," kata Husain dalam acara Indonesia Lawyers Club tvOne di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa 23 Agustus 2016.

Pemerintah Tunggu Usulan Harga Rokok 2017 dari Industri

Menurutnya, setiap tahun, Indonesia menghabiskan dana sebesar Rp300 triliun hanya untuk membeli rokok. Hal ini, tentunya harus menjadi perhatian bersama.

"Negara membelanjakan Rp300 triliun lebih untuk rokok. Rp300 triliun itu habis terbakar. Jadi, memang angka ini harus menjadi perhatian kita semua," kata dia.

Cukai Naik, Harga Rokok HM Sampoerna Bengkak 11 Persen

Meski demikian, ia mengatakan bahwa pertimbangan yang diambil, tentunya harus memikirkan bagaimana kesejahteraan petani dan tidak menimbulkan permasalahan pengangguran.

"Misalnya petani bisa dialihkan kepada tanaman lain, yang masih berpotensi besar yang tentunya masih banyak, dan tentu ada penghasilan yang tidak kalah besarnya," tuturnya. (asp)

Ilustrasi  rokok.

Harga Pokok Sebungkus Rokok di 2018 Setelah Cukai Naik

Negara memutuskan untuk menaikkan tarif cukai rokok sebesar 10,04%.

img_title
VIVA.co.id
1 November 2017