KontraS Minta DPD Sampaikan Data Sindikat Narkoba ke Jokowi

Dukungan terhadap Aktivis Kontras Haris Azhar
Dukungan terhadap Aktivis Kontras Haris Azhar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Solihin

VIVA.co.id - Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS), Haris Azhar bertemu dengan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Farouk Muhammad. Salah satu yang mereka bicarakan adalah mengenai pernyataan Haris tentang pengakuan terpidana mati kasus narkoba yang telah dieksekusi, Freddy Budiman.

"Cuma ngobrol-ngobrol saja silaturahmi. Karena dari tiga minggu lalu, Pak Farouk sudah telepon saya, bertanya soal kabar tulisan yang saya tulis soal Freddy Budiman," kata Haris di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 24 Agustus 2016.

Ia mengatakan, dalam pertemuan tersebut, Farouk menanyakan apa yang bisa dilakukannya. Sebab, ia memiliki peran di DPD, sementara kasus narkoba diyakini melibatkan aparatur di daerah.

"Kita punya posko teman-teman koalisi masyarakat sipil untuk pelaporan kasus-kasus yang melibatkan aparatur negara soal narkoba. Kita sebutkan dari beberapa pelaporan itu banyak yang di daerah-daerah," kata Haris.

Menurut Haris, jumlah angka temuannya nanti akan dibicarakan ke sejumlah institusi hukum atau negara. Ia berharap Farouk bisa menyampaikan data tersebut pada Presiden Jokowi sehingga bisa mendorong penyelesaian soal sindikat narkoba.

"Dia cuma tanya bagaimana perkembangannya, saya bilang perkembangannya bagus. Ada sejumlah institusi yang melakukan kerja investigatif tapi juga mungkin ada beberapa kelemahan. Mungkin nanti perlu ada satu tim yang koordinatif tapi terpimpin," kata Haris.

Ia berharap ke depan ada tim yang tak hanya membongkar tulisannya soal pengakuan Freddy Budiman. Tapi membongkar lebih jauh adanya sindikat narkoba.

Halaman Selanjutnya
img_title