Zebra Cross Unik di Jepara dalam Versi 3D

Peluncuran Zebra Cross 3D (Z3DBlock) di Jepara
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA.co.id –  Tingginya angka kecelakaan di jalan raya mengharuskan aparat kepolisian untuk melakukan inovasi lebih  di jalan raya. Salah satu inovasi unik ditunjukkan oleh Kepolisian Resort Jepara, Jawa Tengah yang menciptkan zebra cross tiga dimensi (3D) untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

Zebra cross ini diberi nama Z3DBlock atau Zebra Cross 3D Block. Sebuah zebra cross yang menammpilkan efek ilusi mata berbentuk balok kotak di tengah jalan.

Kapolres Jepara, AKBP M. Samsu Arifin menyatakan, inovasi baru berupa zebra cross 3D ini resmi diujicoba hari ini di Jalan R.A Kartini Jepara. Inovasi unik ini merupakan kerjasama antara Sat Lantas Polres Jepara dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara. Tujuannya, agar pengemudi di jalan raya lebih berhati-hati saat mengendarai kendaraan mereka.

"Ini juga sebagai upaya menurunkan jumlah laka lantas. Yakni dengan menciptakan jalan yang berkeselamatan," kata Arifin di sela peluncuran Z3DBlock di Jepara, Kamis, 1 September 2016.

Kasat Lantas Polres Jepara, AKP Andhika Wiratama menambahkan, desain Z3Dblock sendiri dibuat khusus melalui teknik penggambaran atau pengecatan yang sangat hati-hati. Hasilnya, solah zebra cross kotak ini memiliki volume jika dilihat dari perspektif dari arah datangnya kendaraan.

"Kalau sudah jadi hasilnya. tidak seperti Zebra Cross biasa, namun Z3DBlock memberikan tampilan layaknya balok sungguhan (di tengah jalan)," kata Andhika.

Menurutnya, wujud zebra cross yang menyerupai balok tersebut, dipastikan mata pengendara akan lebih berhati-hati saat mengemudikan kendaraan. Selain itu pengendara juga akan mengurangi laju kendaraannya.

"Harapannya dengan ini angka kecelakaan khususnya penyeberang jalan," ujarnya.

Heboh Pemuda di Demak Rusak Jembatan Agar Truk Bisa Lewat, Polda Jateng Angkat Bicara
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi pamitan jelang pensiun

Momen Haru Irjen Ahmad Luthfi Lebaran Bareng Anggota: Ini Operasi Ketupat Terakhir Saya

Operasi Ketupat Candi 2024 akan menjadi operasi kepolisian terakhir bagi Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi karena akan segera pensiun pada November 2024 mendatang

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024