Padatnya Aktivitas Jokowi di Hari Kedua KTT ASEAN di Laos

Presiden Joko Widodo dan prajurit tentara militer China Tiongkok di KTT G20
Sumber :

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo kembali dijadwalkan melakoni aktivitas yang padat di hari kedua Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara, atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) ke-28 dan ke-29 di Vientiane, Laos.

Tantangan ASEAN di Usia ke-55 Tahun

Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam siaran pers, Rabu 7 September 2016, menjelaskan Jokowi memulai aktivitasnya dengan menghadiri agenda utama KTT. KTT diselenggarakan di National Convention Centre (NCC) Vientiane. Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Sementara itu, Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengikuti 'spouse program' bersama istri para pemimpin negara ASEAN.

Hari Ibu Nasional, Iriana Joko Widodo: Perempuan Harus Berdaya

Usai agenda utama, Jokowi akan menghadiri sejumlah agenda lanjutan, antara lain, KTT ASEAN - RRT ke-19, KTT ASEAN - Jepang ke-19, KTT ASEAN - Republik Korea ke-18, KTT ASEAN Plus Three (RRT, Jepang, dan Republik Korea) ke-19, KTT ASEAN - Australia ke-2, serta KTT ASEAN - PBB ke-8.

Sejumlah pejabat mendampingi Jokowi dalam menghadiri rangkaian agenda itu. Selain Retno, mereka adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Kunjungi Bandung, Iriana Jokowi Akan Tinjau Vaksinasi Anak

Pada malam hari, Jokowi dan Iriana akan menghadiri undangan jamuan makan malam yang diadakan Perdana Menteri Republik Demokrasi Rakyat Laos Thongloun Sisoulith. Thoungloun juga merupakan Ketua KTT ASEAN 2016.

Seluruh pemimpin negara ASEAN, pemimpin negara KTT Asia Timur, dan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Ban Ki-moon akan turut hadir dalam jamuan. (asp)

Menlu Indonesia Retno Marsudi (Tangkapan Layar dalam Kemkominfo TV)

Tantangan Indonesia Sebagai Ketua ASEAN 2023

Ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi Indonesia agar berhasil menjalankan perannya sebagai ketua ASEAN 2023.

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2023