Luhut Merasa Capek Rangkap Jabatan Menteri

Menko Maritim dan Plt Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Filzah Adini Lubis

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Maritim yang juga Plt Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Luhut Binsar Pandjaitan, memberi isyarat terkait dua jabatan yang kini diembannya.

Perekam Video Luhut Beri Amplop Minta Maaf

Hal itu disampaikan Luhut usai menghadiri Focus Group Discussion (FGD), Konsorsium Riset Migas Kelautan di Fakultas Hukum, Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Rabu, 7 September 2016.

Ketika disinggung lebih jauh terkait pernyataannya Luhut yang sempat mengatakan masa jabatannya sebagai Plt ESDM tinggal seminggu lagi, Luhut pun menjawabnya dengan cukup santai.

Luhut Kasih Amplop, Ketua GP Ansor: Itu Tradisi Pesantren

"Kira-kiralah, jangan kelamaan, capek juga gua," katanya kepada wartawan.

Namun demikian, siapa yang akan menjabat Menteri ESDM, Luhut mengakui hal itu di luar kewenangannya.

Jonan Tak Ada Latar Belakang ESDM

"Biar anulah, biar menteri yang baru bisa masuk. Ya, saya berharap," kata Luhut.

Namun, Luhut tak ingin melangkahi kewenangan Presiden. Sehingga, dia tidak bersedia berkomentar banyak terkait siapa yang akan mengisi jabatan Menteri ESDM.

"Tapi kalau feeling saya, ya Presiden sudah punya orang yang pas. Pasti orang profesional. Saya enggak mau jawab yang bukan bidang saya,” ucap Luhut.

Posisi Menteri ESDM sebelumnya dijabat Arcandra Tahar. Namun, hanya 20 hari menjabat, Arcandra dicopot oleh Presiden Joko Widodo, lantaran memiliki dua kewarganegaraan.

Hal ini bertentangan dengan Pasal 22 ayat 2 huruf a Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara, yang menyebut syarat menjadi menteri harus warga negara Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya