Puncak Mudik Idul Adha Jumat Siang, Arus Balik Senin Malam

Tol Cipali
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA.co.id – Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Agung Maryoto memprediksi, arus mudik Lebaran Idul Adha mulai mengalami peningkatan sejak Jumat siang, 9 September 2016. Sementara, untuk puncak arus balik bagi pemudik ke wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya diprediksi akan terjadi pada Senin malam, 12 September 2016.

"Habis shalat Idul Adha, kemudian potong herwan qurban. Nanti siang mereka jalan dan sampai sini (Jakarta) malam," kata Agung Budi Maryoto di Gedung NTMC, Jakarta Selatan, Rabu, 8 September 2016.

Namun, Agung enggan merinci berapa jumlah volume kendaraan yang akan keluar dari wilayah Jakarta dan sekitarnya yang akan menuju wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan sejumlah wilayah lain di Jawa Timur.

"Kalau bicara itu yang jelas volume akan lebih tinggi dari hari libur biasa, kalau prediksi nanti kita lihat di lapangan," ujarnya menambahkan.

Karena itu, sebanyak 44.373 personel gabungan terdiri dari personel Kepolisian, Dinas Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat, PT. Jasa Marga, pengelola jalan-jalan tol siap untuk mengamankan libur Idul Adha 2016.

Arus Balik Libur Idul Adha Terpantau Lancar

Pengendalian kemacetan tidak hanya fokus di Tol Brebes Timur, Jawa Tengah dan juga akses keluarnya. Selain itu, di Tol Cikunir, Cikarang Utama, Kerawang Barat, Karawang Timur, Cikopo ke arah Cipali (Cikampek-Palimanan), termasuk Pejagan.

(mus)

Malam Takbiran, Gadog Arah Puncak Macet Parah
Petugas memasang pembatas jalan di gerbang tol Brebes Timur

Mudik Idul Adha di Luar Prediksi

Mudik Idul Adha sudah diantisipasi pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
13 September 2016