Palestina Jadi Sasaran Pemberian Daging Kurban

Hewan Kurban Sapi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Moh Nadlir

VIVA.co.id – Ada yang berbeda bagi warga Jonggol pada pada perayaan Idul Adha tahun ini. Lebih dari 1000 warga mendapatkan pembagian daging kurban yang disalurkan melalui Pesantren Ar-Rahman Qur'anic Learning Islamic School (AQLIS) yang berlokasi di Desa Sukasirna, Jonggol, Jawa Barat.

Viral Motor Matik Diisi Minyak Kayu Putih Campur Bensin, Ini Kata Pakar

Pemotongan dan pembagian daging kurban dipimpin langsung oleh Pimpinan AQL Islamic Center KH Bachtiar Nasir yang juga selaku pengasuh Pesantren AQLIS usai salat Idul Adha bersama ratusan warga setempat, jamaah AQL Jakarta, serta santri, jajaran pengurus dan pengajar AQLIS.

Menurut KH Bachtiar Nasir, tujuan berkurban di AQLIS adalah memohon keberkahan tanah di atas bangunan pesantren AQLIS dengan menumpahkan darah hewan kurban di hari yang disyariatkan. Daging yang dibagikan kepada masyarakat mencapai 1.000 bungkus dari 10 ekor sapi dan 25 ekor kambing.

Sean Gelael dan Tim WRT 31 Paling Terdepan, Raih Posisi 1 di Imola

Pemotongan dan pembagian hewan qurban di AQLIS Jonggol juga bertujuan untuk membangun anshorul ma'had (pendukung pesantren) dari kalangan warga di radius ring 1 pondok hingga ke ring 3. "Kita butuh pendukung perjuangan kita di pondok ini baik dari masyarakat, unsur pemerintah, serta tokoh masyarakat. Dengan begitu kurban ini menjadi sarana kebersamaan sebagaimana misi sosial kurban," ungkap Wakil Sekretaris Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini di Jonggol, Senin 12 September 2016.

Menurut dia, Pesantren AQLIS hanya bisa berkembang jika bersama masyarakat membangun lembaga dan umat. Pesantren tidak bisa berdiri sendiri karena pesantren bertanggung jawab kepada masyarakat dan sebaliknya masyarakat harus ikut berperan dalam pembangunan pesantren.

MK Tolak Seluruh Gugatan Sengketa Pilpres, Sekjen PAN: Mari Kita Hormati Ujung Proses Pemilu Ini

Yang terpenting adalah, kata dia, harus ada komunikasi yang baik antara pesantren dan masyarakat sehingga ke depan dapat meredam kecurigaan, kedengkian, dan permusuhan. "Itulah perdamaian di antara kita sebagai umat Islam," katanya.

Sementara itu Ketua MUI Jonggol Drs Ghazali yang ikut melaksanakan salat Idul Adha di Pesantren AQLIS menyambut antusias kegiatan tersebut dan berharap agar pihak pesantren terus membangun kebersamaan dengan masyarakat dalam berbagai kegiatannya.

"Kami berharap agar AQLIS bisa bersinergi dengan MUI dalam pendidikan, dan anak-anak nyaman belajar di sini. AQLIS sangat strategis untuk membantu pendidikan dan pergerakan dakwah khususnya bagi warga setempat," katanya.

Pembagian daging kurban di Jonggol merupakan rangkaian kegiatan penyaluran hewan kurban oleh Laznas AQL yang berpusat di Jakarta. Pada tahun ini, Laznas AQL mengoordinir dan menyalurkan hewan kurban ke dalam dan luar negeri setara dengan 500 ekor kambing.

Hewan kurban disalurkan di dalam negeri sebanyak 40 sapi dan 170 kambing. Khusus dalam negeri dibagikan ke Jonggol sebanyak 10 ekor sapi dan 25 kambing. Selain itu, disebarkan juga ke berbagai tempat di Jakarta, Bogor, Megaleng, Yogyakarta, Sumbawa, Aceh, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara.

Sementara hewan kurban yang disalurkan ke luar negeri mencapai 49 ekor domba, 1 ekor sapi, dan 3 onta. Negara yang dituju yakni Palestina (Gaza), Suriah, Somalia, Myanmar, Bosnia, dan Serbia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya