Banjir Bandang di Garut Terjang Seribu Rumah

Ilustrasi evakuasi banjir.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Hujan deras mengguyur daerah Garut, Jawa Barat mengakibatkan ribuan rumah di kecamatan Garut Kota dan Tarogong Kidul terendam banjir hingga tiga meter.

Sungai Meluap dan Tanggul Jebol, Ratusan Rumah di Semarang Kebanjiran

Berdasarkan pantauan, banjir terparah terjadi di Kampung Cimacan, Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul. Ketinggian air sudah merendam sedikitnya 1.000 rumah.

Warga mulai mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Bahkan mereka kini menempati rumah-rumah milik warga, yang berada di dataran tinggi.

Ratusan KK di Bekasi Dikepung Banjir Setinggi 3 Meter

"Rumah saya terendam air hingga lebih dari dua meter, keluarga selamat tapi barang-barang di rumah tidak bisa diselamatkan," ujar Asep, warga Kampung Cimacan, Rabu, 21 September 2016.

Warga umumnya tidak mengira akan terjadi banjir bandang ini, mereka baru sadar setelah air terus naik. Setelah itu warga korban berbondong-bondong menyelamatkan diri. "Saya tidak mengira banjirnya besar ini, " kata Asep.

Hujan Deras Landa Kota Malang, 6 Pohon Tumbang Satu Menimpa Mobil

Danramil Tarogong, Kapten. Inf. Sutofo, mengatakan, semua tim penanggulangan bencana kini sudah mulai melakukan evakuasi warga yang terkena banjir.

"Yang paling parah, banjir terjadi di wilayah Cimacan, semua rumah warga sudah terendam banjir mencapai ketinggian 3 meter, " ucap Sutofo.

Banjir melanda Kota Lismore setelah hujan lebat melanda bagian timur laut New South Wales, Australia, Senin (28/2/2022).

Puluhan Ribu Warga Australia Dievakuasi Saat Hujan Deras Guyur Sydney

Sebelas orang tewas sejak cuaca ekstrem itu tiba akhir pekan lalu menyebabkan pusat-pusat kota terendam air.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2022