Pengungsi Banjir Garut Dapat Alat Sanitasi untuk Air Bersih

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat kasih bantuan sanitasi di Garut
Sumber :
  • Dok. Kementerian PUPR

VIVA.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memberikan bantuan peralatan sanitasi untuk korban bencana banjir bandang di Garut, Jawa Barat.

Banjir Bandang Rusak Jembatan di Garut, Warga Sekampung Terisolir

Peralatan ini terdiri dari 7 mobil tangki, 17 hidran umum, 20 toilet bongkar pasang, 1 truk tinja, dan 200 jeriken air. Semua alat itu sudah berada di tempat pengungsian korban, yakni di Rusun Gandasari Indah, Cimacan, Jalan Pembangunan, Kantor Korem, Paminggir, Rumah Sakit Umum Daerah Garut, dan Kantor Dinas Tenaga Kerja Garut.

Demikian disampaikan Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra Atmawidjaja dalam keterangan tertulisnya Kamis, 22 September 2016. 

2 Nelayan Ditemukan Selamat Usai Terseret Banjir Bandang Garut Selatan

"Sudah bekerja dari tadi malam untuk melayani kebutuhan air bersih pengungsi. 17 unit hidran umum berkapasitas dua ribu liter juga telah berada di enam titik pengungsian," ungkap Endra. 

Selain peralatan yang sudah digunakan pengungsi, Kementerian PUPR juga mencadangkan empat unit hidran untuk berjaga-jaga jika ada penambahan titik pengungsi.

Jokowi Tugaskan Menteri Teten Datangi Garut

Sementara untuk penanggulangan darurat di RSUD Garut, sudah ada 400 lembar kawat untuk membuat tanggul di sungai dengan bronjong kawat. "Jumlah bronjong kawat akan ditambah hingga 2 ribu lembar yang saat ini dalam proses pengangkutan," ungkap dia.

VIVA Militer: Pangdam III/Siliwangi Kabupaten Garut pasca bencana banjir bandang

Paten, Gerak Cepat Jenderal Kopassus Terobos Wilayah Bencana di Garut

Sembilan desa di dua kecamatan, Kabupaten Garut, diterjang banjir bandang.

img_title
VIVA.co.id
2 Desember 2021