Gempa 6,5 Skala Richter Guncang Kabupaten Talaud

Ilustrasi gempa.
Sumber :
  • BMKG

VIVA.co.id - Gempa bumi kembali terjadi di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, pada Sabtu pagi pukul 06.53.12 Wita, 24 September 2016.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Gempa berkekuatan 6,5 skala richter (SR) dengan lokasi 6.43 lintang utara, 126.49 bujur timur berjarak 266 kilometer barat laut Kepulauan Talaud dan berkedalaman 76 kilometer.

"Tapi gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami. Cukup kuat gempa kali ini mencapai 6,5 SR," tulis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Sulawesi Utara melalui siaran pers yang diterima VIVA.co.id.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

Selvi Makaminang, warga Talaud, mengaku gempa itu pagi cukup mengagetkan warga yang baru mulai beraktivitas. "Kami sempat kaget, seperti ada goyangan yang cukup kuat dalam rumah. Hanya saja gempa tidak berlangsung lama," kata wanita yang berprofesi guru SD itu.

Hingga berita ini dipublikasikan, belum diketahui kerugian atau kerusakan sejumlah bangunan akibat gempa itu.

BMKG 'Tak Berkedip Mata' Pantau Potensi Tsunami Imbas Erupsi Gunung Ruang

(ren)

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

BMKG mengingatkan warga agar mewaspadai potensi terjadinya tsunami akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Kabupaten Sitaro, Sulut

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024