BKKBN: Pertumbuhan Penduduk Tinggi Picu Kerusakan Lingkungan

Hutan gundul akibat pembakaran lahan
Sumber :
  • zunal.com

VIVA.co.id - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Surya Chandra Surapaty, meminta para wanita tidak melahirkan bayi di usia kurang 21 tahun.

Upaya Tingkatkan Fasilitas Kesejahteraan Pekerja, Kemnaker dan BKKBN Gelar Dialog Interaktif

Para wanita harus mengatur jarak kelahiran. Jika mempunyai anak tidak terprogram bisa berpengaruh kepada perkembangan sang buah hati sendiri.

"Dua anak itu cukup, karena ibu dan ayah bisa membina karakter anak. Kalau tidak terprogram, punya banyak anak, tidak akan berhasil membangun karakter anak," kata Surya di Malang pada Senin, 26 September 2016.

Mahfud MD: Saya Tidak Melihat Pemerintah Lakukan Langkah-langkah Menjaga Kelestarian Lingkungan

Surya mengungkapkan bahwa kini laju pertumbuhan penduduk di Indonesia masih tinggi, yakni mencapai 1,49 persen atau sekira empat juta per tahun. Idealnya, laju pertumbuhan penduduk satu juta sampai dua juta per tahun sesuai target tahun 2025.

Dampak laju pertumbuhan yang tinggi, kata Surya, terjadi krisis pangan dan energi. Soalnya hal itu berpengaruh kepada alih fungsi hutan. Pertambahan penduduk secara bertahap akan banyak pembukaan hutan baru untuk permukiman.

Hari Kontrasepsi Sedunia, Masih Banyak Misinformasi Soal Penggunaannya

"Ke depan tantangan kependudukan semakin berat. Ledakan penduduk akan memengaruhi sumber daya makanan dan energi. Salah satunya kerusakan lingkungan hidup, tanah untuk tempat tinggal berkurang sehingga banyak hutan yang dibuka," katanya.

Ilustrasi kiamat.

5 Ramalan Kiamat Ini Bayangi Dunia, Salah Satunya di Tahun 2026

Banyak ramalan kiamat atau tentang kedatangan Hari Kiamat tersebar luas, termasuk salah satunya yang populer tentang kemungkinan Hari Kiamat terjadi pada tahun 2026 ini.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024