Wiranto: Pilkada Aman Jika Semua Taat Aturan

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Moh. Nadlir

VIVA.co.id – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menilai kelancaran Pemilihan Kepala Daerah secara serentak pada tahun 2017 mendatang merupakan tanggung jawab semua pihak.

Wiranto Sebut Hadi Tjahjanto Sosok Tepat Jadi Menko Polhukam, Paham Anatomi Ancaman

Atas dasar hal tersebut, Wiranto meminta agar semua kontestan termasuk para pendukungnya untuk mematuhi peraturan yang telah ditetapkan.

"Saya ulangi aturan itu mematuhi, parpol mematuhi, aparat keamanan netral mematuhi, enggak ada masalah sebenarnya, enggak perlu dikhawatirkan pilkada ribut-ribut ini malah memalukan kita sendiri," kata Wiranto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 7 Oktober 2016.

Wiranto: Saya Sebagai Pembina TKN, Bersaksi Tak Ada Agenda Apalagi Rencanakan Kecurangan

Wiranto lantas menyebut jika Pilkada bukan hanya tanggung jawab Komisi Pemilihan Umum (KPU), Komisi Pemilihan Umum Kepala Daerah (KPUD), partai politik dan aparat penegak keamanan saja, melainkan merupakan tanggung jawab dari semua lapisan masyarakat.

Menurut dia, dengan suksesnya Pilkada di daerah justru akan membuat negara Indonesia lebih bangga. Lantaran proses demokrasi dapat berlangsung dengan sukses.

Usai Nyekar ke Makam Orangtua, Prabowo Sempat Temui Wiranto dan Sampaikan Hal Ini

"Keberhasilan Pilkada serentak akan menghasilkan sesuatu kebanggan bagi Indonesia karena sudah mencapi tahapan demokrasi yang bermartabat itu yang sebenarnya," ujar Wiranto.

Presiden Jokowi bersama Menteri Bermalam di IKN Nusantara

Momen Wiranto dan AHY Ikut Bermalam di IKN Nusantara Bareng Jokowi

Presiden Joko Widodo dan Wiranto bermalam di Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Kamis malam, 29 Februari 2024.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024