Pasar Tradisional Solo Terapkan Parkir Valet seperti di Mal

Petugas parkir valet memarkirkan kendaraan pengunjung di pasar tradisional Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah, Jumat, 7 Oktober 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

VIVA.co.id - Pemerintah Kota Solo menerapkan sistem valet parking di pasar tradisional Pasar Gede. Sistem itu diberlakukan mulai Jumat, 7 Oktober 2016.

Elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi Tertinggi di Pilgub Jateng

Parkir valet adalah memarkirkan kendaraan oleh petugas valet. Pemilik kendaraan tidak perlu lagi mencari tempat parkir karena sudah dilakukan petugas parkir valet. Sistem parkir seperti itu lazimnya ditemui di pusat-pusat perbelanjaan, seperti mal atau supermarket.

Pemerintah Kota Solo menerapkan sistem parkir valet di Pasar Gede untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di sekitar pasar. Sistem itu untuk memanjakan para pengunjung maupun pedagang pasar yang akan memarkirkan kendaraannya di pasar.

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, para pengunjung maupun pedagang yang mengendarai mobil maupun sepeda motor terlihat menyerahkan kunci kendaraannya kepada petugas parkir. Sebagai bukti parkir, para pemilik kendaraan memperoleh karcis lengkap dengan tanda nomor kendaraan.

Kendaraan itu selanjutnya dibawa petugas parkir ke beberapa kantong parkir yang telah disiapkan di sekitar Pasar Gede. Lantas, untuk pengambilan kendaraan, petugas parkir di depan pintu Pasar Gede tinggal memanggil petugas parkir lain yang berjaga di kantong parkir dengan alat komunikasi.

Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengatakan bahwa sistem parkir valet itu adalah proyek percontohan pengelolaan parkir di kotanya. "Ini menjadi yang pertama untuk parkir valet di pasar tradisional. Nantinya diharapkan bisa diterapkan di lahan parkir lainnya di Solo," katanya.

Wali Kota mengklaim sistem parkir valet di pasar tradisional adalah kali pertama diterapkan di Solo. Dia berharap sistem parkir seperti itu bisa ditiru daerah-daerah lain di Indonesia.

Rudy pun mengakui sistem parkir itu bisa mengurangi kemacetan lalu lintas di jalan raya depan Pasar Gede. Soalnya sebelum diberlakukan sistem parkir seperti itu, kendaraan yang parkir terlihat memadati sekitar depan Pasar Gede.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya