Gempa 5 SR Guncang Yogyakarta Pagi Ini

Seismograf, alat pendeteksi gempa. (Foto Ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA/Fahrul Jayadiputra

VIVA.co.id – Gempa bumi berkekuatan 5 skala richter (SR) mengguncang zona selatan Yogyakarta dan Jawa Timur, Jumat, 11 November 2016, pukul 07.26 WIB.

Perkuat Sinergi, Relawan Erick Thohir Konsolidasi di Pacitan Jatim

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, pusat gempa bumi terletak di laut pada jarak sekitar 113 kilometer (km) arah tenggara kota Pacitan, dengan kedalaman 62 km. 

"Tampak episenter gempa bumi yang terjadi saat ini bergeser ke selatan sejauh 5 km dan menjadi lebih dalam 5 km dari parameter gempa bumi yang terjadi kemarin," ujar Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulis, Jumat, 11 November 2016.

PLTU Pacitan Keluarkan Suara Bising, Warga Sudimoro Panik Ketakutan

Guncangan gempa bumi dirasakan cukup kuat di Bantul, Imogiri, Playen, Wonosari, Pasirombo, Pacitan, Tamperan, Kebonagung, Ngadirojo, Panggul, Munjungan, Tulungagung, Donomulyo, dan Karangkates. Dilaporkan, gempa bumi dirasakan masyarakat di daerah ini sehingga mereka berhamburan keluar rumah.

Berdasarkan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Eurasia. Hingga pukul 08.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi gempa bumi susulan.  

Sejarah Gempa dan Tsunami Pacitan Jawa Timur

BMKG mengimbau warga di pesisir selatan Bantul hingga Malang Selatan agar tetap tenang. Sebab, gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Kemarin sore, gempa bumi mengguncang Pacitan, Jawa Timur dan sekitarnya. Gempa berkekuatan 4 SR itu berpusat di Samudra Hindia.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya