Kemenkes Imbau Pemeriksaan Pengemudi Transportasi Umum

Ilustrasi mudik
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Menjelang mudik Hari Raya Natal dan Tahun Baru, intensitas penggunaan transportasi umum cenderung meningkat. Peningkatan ini biasanya diiringi dengan peningkatan jumlah risiko kecelakaan transportasi lalu lintas.

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Untuk itulah, Direktur Kesehatan Kerja dan Olah Raga Kementerian Kesehatan drg. Kartini Rustandi, M.Kes mengimbau perlunya pemeriksaan kesehatan bagi para pengemudi yang memiliki jarak tempuh cukup lama, setidaknya lebih dari empat jam.

Kartini menjelaskan, para pengemudi bus antar kota antarprovinsi (AKAP) dan antarkota dalam provinsi (AKDP) adalah pengemudi yang berperan penting dalam keselamatan penumpang karena sering berkendara lebih dari empat jam atau memiliki rute padat dan berintensitas tinggi sehingga berisiko mengalami kecelakaan.

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan ini merupakan upaya untuk deteksi dini faktor risiko cedera akibat kecelakaan lalu lintas. Pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan tekanan darah, kadar alkohol, kadar amphetamin dalam urine, kadar gula darah, dan kolesterol.

"Deteksi dini tidak hanya dilakukan kalau akan Lebaran atau libur akhir tahun, tapi rutin dilakukan karena kondisinya sama. Kenapa menjelang libur? Karena akan banyak yang bepergian sehingga macet yang bisa mengakibatkan tingkat kelelahan tinggi. Kalau supir tidak sehat, yang rugi adalah penumpang yang dibawa," kata Kartini kepada media saat acara Sosialisasi Kelaikan Kerja pada Pengemudi Jelang Libur Nasional di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Rabu, 16 November 2016.

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada tahun 2004 kecelakaan menjadi penyebab kematian urutan kesembilan di dunia dan akan terus meningkat. Sementara di Indonesia, menurut data dari Korps Lalu Lintas Polri, lebih dari 8.000 kasus kecelakaan terjadi pada mudik Lebaran tahun 2016 dan lebih dari 2.000 korban meninggal akibat kecelakaan.

Sementara kerugian ekonomi nasional yang akan ditimbulkan oleh kecelakaan mencapai 1-2 persen dari total pendapatan per kapita negara di seluruh dunia. Sedangkan di Indonesia, kerugian ekonomi akibat kecelakaan mencapai 2,91 persen.

Curhat Penumpang Dipaksa Transfer Uang Rp100 Juta oleh Driver Taksi Online

Viral Curhat Penumpang Dipaksa Transfer Uang Rp100 Juta oleh Driver Taksi Online

Kisah seorang perempuan bernama Cindy Claudia Pangestu mengadu dipaksa untuk mentransfer uang Rp100 juta ke rekening pengemudi taksi online viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024