Pangdam Siliwangi pada Demonstran 212: Jumatan di Sini Saja

Aksi 4 November.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id - Panglima Kodam III/Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Muhamad Herindra, mengimbau masyarakat tak berangkat ke Jakarta untuk berunjuk rasa pada 2 Desember 2016, yang belakangan dipopulerkan juga dengan sebutan demonstrasi 212 (merujuk pada tanggal dan urutan bulan) itu.

Proyek Pengolahan Sampah Jadi Energi di Bekasi Terancam Gagal Karena Tata Kelola Buruk

"Kami imbau ke masyarakat, di sana (Jakarta), kan, sudah ditangani kepolisian (kasus dugaan penistaan agama). Mari kita menciptakan persatuan. Tidak usah ke Jakarta, karena kalau ada apa-apa sulit dikendalikan," kata Herindra di Kota Bandung pada Selasa 29 November 2016.

Herindra mengaku menerima informasi tentang sejumlah kelompok massa dari beberapa kota/kabupaten di Jawa Barat yang telah bergerak ke Jakarta sejak kemarin. TNI tetap memberikan pengamanan seperlunya.

Dilaporkan Hilang, Seorang Pria Ditemukan Tewas Dicor Dalam Rumah di Cimahi

Namun, dia tetap menyarankan warga tidak berangkat ke Jakarta. Demonstrasi bisa juga digelar di daerah masing-masing. Begitu juga salat Jumat, bagian dari rangkaian kegiatan demonstrasi bertajuk Aksi Bela Islam III itu, bisa dilaksanakan di masjid-masjid setempat.

"Ya, imbau tidak usah ke sana (Jakarta). Kalau mau Jumatan, ya, di sini (di daerah masing-masing) saja. Banyak masjid juga," katanya.

BMKG: Potensi Hujan Badai Disertai Petir di DKI Jakarta

Situasi Jawa Barat, kata Herindra, tetap kondusif, namun TNI dan Polri selalu siaga untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan dan ketertiban. Dia mengingatkan kepada siapa pun agar tak mencoba mengusik kebhinekaan bangsa dan mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Siapa pun yang coba-coba ingin memecah-belah kebhinekaan kita, akan berhadapan dengan masyarakat, karena masyarakat lebih banyak yang mencintai kebhinekaan daripada yang tidak. Masyarakat sudah menunjukkan kebersamaan dalam menjaga kebhinekaan," katanya.

Ilustrasi STNK di Jakarta.

Bayar Pajak Kendaraan Sekarang Dapat Diskon

Pemerintah daerah ini menghadirkan program istimewa yang memungkinkan Anda menghemat pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor alias PKB.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024