DPRD se-Indonesia Serukan Keutuhan NKRI

Deklarasi Kebangsaan Asosiasi DPRD Kabupaten seluruh Indonesia
Sumber :

VIVA.co.id – Ratusan Ketua dan Wakil Ketua DPRD se-Indonesia berkumpul di Manado, Sulawesi Utara, Senin 5 Desember 2016.

Puluhan Anggota DPRD Depok Bolos Rapat, Warganet: Ngejar Kursi Doang Tapi Ogah Kerja

Selain menggelar rapat kerja Asosiasi DPRD Kabupaten Se-Indonesia (ADKASI) khusus Wilayah Indonesia Timur, mereka juga melakukan deklarasi kebangsaan di Taman Kesatuan Bangsa (TKB) Manado pada malam pukul 20.00 WITA.

Isi seruan kebangsaan dibacakan Ketua DPRD Sitaro, Djibton Tamudia, di antaranya ADKASI tetap konsisten menjaga eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Profil Orang Tua Satria Mahathir Cogil, Ibu eks Model dan Ayah Mantan Jenderal Polisi

“Kami tetap teguh menjaga Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai alat pemersatu bangsa serta tetap patuh pada UUD 1945. Kami menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika. Terakhir, kami representasi rakyat menyerukan kepada para elit bersama dengan pemerintah membangun bangsa dan negara dan kami mendukung TNI/Polri untuk bersikap profesional dan mandiri sehingga menindak oknum yang mencoba memecah belah keutuhan NKRI," ujarnya.

Ia menambahkan, deklarasi kedamaian ini dilakukan guna menyatukan kembali rasa nasionalisme dan keutuhan bersama. “Kita merajut kembali keutuhan dalam bingkai NKRI," kata Djibton.

5 Fakta Kasus Pengeroyokan Satria Mahathir, Ternyata Anak Jenderal Polisi Bintang Dua

Ikut menandatangi deklarasi tersebut yakni Lukman Said (Ketua Umum) Agus Solichin (Sekjen), Djibton Tamudia (Perwakilan Sulawesi), David Sedit (Perwakilan Papua), Kariadi (perwakilan Kalimantan), Abi Bahrun (Sumatera) dan Majid Kamil (Jawa).

Ketua Umum ADKASI, Lukman Said mengatakan, Sulut atau Manado dipilih sebagai daerah deklarasi kebangsaan ini karena Sulut sebagai barometer keberagaman dan kedamaian.

“Miniatur perdamaian Indonesia ada di Sulut. Toleransi antarumat beragama yang rukun dan damai menjadi contoh di negara ini. Kami tidak mau deklarasi di Jakarta karena nantinya akan terkontaminasi dengan elit-elit yang ada di Jakarta," katanya.

Kapolda Sulut, Irjen Pol Wilmar Marpaung mengajak semua komponen untuk merapatkan barisan dan jangan tercerai berai demi keutuhan bangsa Indonesia. “Kita tetap menjaga keutuhan bangsa dan saling menghargai satu sama lain. Deklarasi Kebangsaan dari ADKASI ini sangat penting dan strategis guna mendorong keutuhan bangsa,” ujar Wilmar.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya