Basarnas: Sulit Evakuasi Korban yang Tertimbun Reruntuhan

Lokasi gempa 6,5 SR di Pidie Jaya, Aceh
Sumber :
  • BMKG

VIVA.co.id – Kepala Badan SAR Nasional, Bambang Soelistyo mengatakan, pihaknya telah mengirim tim untuk membantu evakuasi korban gempa 6,5 SR yang terjadi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

Tim yang diturunkan terdiri dari beberapa daerah, seperti Aceh, Medan, Kepulauan Riau dan Jakarta.

"Beberapa petugas yang mencari pesawat jatuh di Kepri juga telah kami minta bantuan untuk bergeser ke Pidie, untuk yang di Medan tengah dalam perjalanan. Sementara yang dari Jakarta dikirim naik dua helikopter," ujar Bambang saat berbincang dengan tvOne, Rabu, 7 Desember 2016.

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

Bambang menjelaskan, hal yang paling sulit dalam menangani gempa darat tersebut adalah evakuasi korban.

"Dari pengalaman selama ini, menyelamatkan saudara kita yang terjebak reruntuhan itu yang sulit dilakukan karena ada teknik-teknik untuk penyelamatan. Kami juga dibantu TNI, Polri juga untuk mencari korban tertimbun," katanya menambahkan.

Gempa 5,2 SR Mengguncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

Bambang mengimbau kepada warga untuk tidak kembali panik sebab tidak akan terjadi tsunami. Sementara itu, untuk proses evakuasi korban ada di bawah kendali Pemerintah Daerah.

(mus)

Gempa di Aceh

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Saat lempeng tektonik dunia bertabrakan, menggiling, dan menukik satu sama lain, mereka melepaskan energi yang terpendam melalui gempa bumi raksasa yang dapat mengguncang

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2023