Gempa Pidie Jaya Terjadi di Luar Sesar Besar Sumatera

Gempa Pidie Jaya berada pada sesar lokal di luar Sesar Besar Sumatera.
Sumber :
  • BMKG

VIVA.co.id – Gempa dengan kekuatan 6,5 Skala Richter yang melanda wilayah Pidie Jaya, Provinsi Aceh, dipastikan terjadi pada titik sesar lokal dan bukan karena pergerakan Sesar Sumatera Besar, atau Great Sumatran Fault.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

Menurut ahli gempa bumi, Cecep Subarya, sesar lokal yang berada di sekitar Sesar Sumatera, atau sering juga disebut Sesar Semangko, memang banyak sekali. Selain di Aceh, juga berada di daerah Bukittinggi, Solok, dan Sijunjung.

Meski bukan karena Sesar Sumatera, pusat gempa yang ada di darat dan berada pada kedalaman 10 kilometer tetap harus dicermati. Dari data sementara, ada 24 orang meninggal dunia dan delapan antaranya adalah bayi.

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

“Harus dicermati, karena banyak episenter berada di bawah pemukiman penduduk. Tetap memiliki dayat rusak yang mengkhawatirkan," kata Cecep, Rabu 7 Desember 2016.

Cecep menjelaskan, titik gempa yang terjadi di Pidie Jaya ini berada pada sesaran retakan kecil yang berada di sekitar Patahan Semangko. Lokasi membujur ke barat daya ke barat laut.

Gempa 5,2 SR Mengguncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

"Bisa dikonfirmasi ke BMKG, ini seperti Sesar Cimandiri. Gempa kan sulit diprediksi, para ahli mengkhawatirkan Sumatran Fault, tetapi justru terjadi di luar Sumatran Fault," katanya. (asp)

Gempa di Aceh

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Saat lempeng tektonik dunia bertabrakan, menggiling, dan menukik satu sama lain, mereka melepaskan energi yang terpendam melalui gempa bumi raksasa yang dapat mengguncang

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2023