Penambang Tewas akibat Longsor di Lebak Jadi 11 Orang

Petugas dan relawan mengevakuasi para penambang ilegal emas korban tanah longsor di Sungai Blok Cikopo, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten, pada Rabu, 7 Desember 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yandi Deslatama

VIVA.co.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten, memperbarui informasi tentang jumlah penambang emas yang tewas akibat longsor di Sungai Blok Cikopo, Kecamatan Cibeber, kabupaten setempat. Jumlah korban meninggal dunia bertambah menjadi 11 orang, sampai Rabu, 7 Desember 2016.

Viral Detik-detik Pria Selamat dari Timbunan Tanah Longsor, Telat Sedikit Nyawa Tak Tertolong

Petugas BPBD bersama aparat TNI dan Polri serta pemerintah desa berusaha mengevakuasi para korban. Tim SAR memperkirakan masih ada korban yang tertimbun longsor di sana.

Menurut Kepala BPBD Kabupaten Lebak, Kaprawi, petugas kesulitan mengevakuasi korban karena medan berat yang terletak di tengah hutan Gunung Halimun Salak. Bahkan untuk mencapai lokasi hanya bisa ditempuh dengan berjalan selama 10 jam.

Kebijakan Negara Tak Tegas Tindak Tambang Ilegal Disorot

"Di situ memang penambangan ilegal. Pemerintah dan pengelola hutan lindung sudah melarang. Namun masyarakat tergiur akan hasilnya," kata Kaprawi.

Korban tewas diperkirakan bisa bertambah jika material longsor terus digali. Sejauh ini ada delapan jenazah yang telah diidentifikasi dan tiga yang lain belum dikenali.

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

"Kemungkinan korban masih terus bertambah; masih proses pencarian," kata Kepala Kepolisian Sektor Cibeber, Ajun Komisaris Polisi Hero, saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya.

Alat tambang emas ilegal yang dibakar massa

Garap Areal Kuburan, Sejumlah Alat Tambang Emas Ilegal Dibakar Massa

Sebanyak 6 unit alat tambang emas ilegal (Peti) di dusun Pematang Lalang, Desa Pasar Terusan, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Jambi dibakar massa.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024