Korban Tewas Gempa Aceh Bertambah Jadi 102 Orang

Bangunan di Pidie Jaya, Provinsi Aceh roboh diguncang gempa 6,5 SR.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA.co.id – Gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter yang melanda tiga Kabupaten di Provinsi Aceh pukul 05:03 WIB, Rabu 7 Desember 2016, terus memakan korban jiwa. Badan Nasional Penanggulangan Nasional Bencana merilis gempa yang terpusat di Kabupaten Pidie Jaya ini, menyebabkan 102 warga meninggal dunia.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

"Selain itu, satu orang hilang dan 136 luka berat serta 116 korban luka ringan," ujar Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia. Sutopo Purwo Nugroho saat konferensi pers di Kantor BNPB, Jakarta, Kamis 8 Desember 2016.

Sutopo mengatakan, korban jiwa kemungkinan akan terus bertambah karena tim search and rescue (SAR) masih menyebar di seluruh titik bangunan yang roboh melakukan pencarian orang yang tertimbun reruntuhan.

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

Dari data yang dilansir BNPB tadi pagi, 99 orang meninggal dunia di Kabupaten Pidie Jaya dan dua orang meninggal di Kabupaten Bireun. Kemudian satu orang dinyatakan hilang, 136 luka berat serta  616 luka ringan.

Untuk jumlah pengungsi saat ini mencapai 3.267 jiwa yang tersebar di sejumlah titik.Tidak hanya itu gempa juga menghacurkan bangunan. Di antaranya 429 rumah, 234 rumah toko dan 18 masjid, 4 sekolah, dan satu bangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pidie Jaya roboh. "Pengungsi itu tersebar dibeberapa tempat yang disiapkan," ujar dia.

Gempa 5,2 SR Mengguncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami
Gempa di Aceh

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Saat lempeng tektonik dunia bertabrakan, menggiling, dan menukik satu sama lain, mereka melepaskan energi yang terpendam melalui gempa bumi raksasa yang dapat mengguncang

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2023