Kurangi Beban Jalur Darat, Logistik Dikirim Lewat Laut

Menhub Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anwar Sadat

VIVA.co.id – Guna mengurangi beban jalan di jalur darat, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengeluarkan wacana pengiriman logistik ke seluruh pulau di Indonesia harus melalui laut.

Kemenhub: Tidak Ada UU ODOL, Hanya Penguatan Regulasi

"Pemerintah akan melakukan itu, akan melakukan upaya angkutan dari darat ke laut, karena laut itu angkutan yang murah. Masa depannya kapal Ro-Ro angkutan logistik antar pulau," kata Budi yang ditemui saat meninjau persiapan libur Natal dan tahun baru di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Senin 12 Desember 2016.

Selain dianggap lebih murah dan tepat waktu karena tak terkena macet di jalanan, pengiriman logistik melalui jalur laut pun merupakan upaya optimalisasi program tol laut Presiden Jokowi.

Cara Kemenhub Tingkatkan Kualitas SDM Inaportnet di Pelabuhan

"Sebenarnya ini bagian dari tol laut. Tol laut ini sebuah filosofi pergerakan logistik yang ideal, tinggal kita mengawal dengan baik," tuturnya.

Namun, Kemenhub akan terus mengupayakan tersebut, sehingga para pengusaha pengiriman jasa logistik dan truk tidak mengalami kerugian.

TUKS Bukit Asam di Pelabuhan Tarahan Resmi Terapkan Inaportnet

"Akan kami dorong angkutan logistik menggunakan kapal Ro-Ro, nanti akan diberikan insentif. Jadi kepada pengguna truk juga tidak masalah, yang penting itu kan memberikan yang terbaik kepada pengusaha truk," tuturnya.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi.

Tarif Angkutan Barang akan Diatur Kemenhub

Tarif angkutan barang selama ini ditetapkan berdasarkan harga pasar. Karena itu akan diatur dengan seragam oleh Kemenhub.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022