Puluhan Warga Desa di Garut Diserang Wabah Cikungunya

Warga Kampung Sundulan, Desa Kersamanah, Kecamatan Kersamanah, Kabupaten Garut, Jawa Barat, diserang wabah penyakit lumpuh layu atau cikungunya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat

VIVA.co.id - Sedikitnya 30 orang warga Kampung Sundulan, Desa Kersamanah, Kecamatan Kersamanah, Kabupaten Garut, Jawa Barat, diserang wabah penyakit lumpuh layu atau cikungunya. Warga yang merasakan pegal linu disertai demam tinggi terjadi sejak sebulan lalu.

Gerindra Perkenalkan Dedi Mulyadi Kandidat dalam Pilkada Jabar

Ai Yati (54), seorang warga yang terjangkit cikungunya, mengaku memilih berobat ke pengobatan alternatif daripada ke rumah sakit karena keterbatasan biaya. Warga mengaku merasakan demam tinggi dan pegal-pegal dan lemas sekujur tubuh sehingga tak dapat beraktivitas.

Para penderita penyakit akibat virus yang menginfeksi melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti itu bengkak-bengkak pada bagian kaki dan tangan. Seperti yang dialami, Euis Rohaeti (45). Dia tidak bisa berjalan hingga beberapa minggu.

PKB Segera Putuskan Kader yang Diusung Maju Pilgub Jabar 2024

"Seluruh bagian tubuh merasa nyeri dan terlihat pembengkakan pada bagian pergelangan kedua kaki. Kata dokter, ini akibat digigit nyamuk cikungunya," kata Euis.

Ketua RW setempat, Jajang Suharja mengonfirmasi, sudah 30 warganya yang terjangkit cikungunya. Dia mengaku telah mencoba membujuk warga agar bersedia dirawat di rumah sakit atau puskesmas. Sebagian menolak karena keterbatasan biaya sehingga memilih pengobatan alternatif.

Penjabat Gubernur Jawa Barat Blak-blakan Tak Minat Maju Pilkada 2024

Jajang berharap, Pemerintah Kabupaten Garut segera mengambil langkah untuk pencegahan, seperti pengasapan lokasi-lokasi yang dianggap sebagai sarang nyamuk Aedes aegypti. "Sampai saat ini belum ada upaya pencegahan yang dilakukan pemerintah, padahal sudah hampir satu bulan lamanya," katanya.

(mus)

Masiroh, TKW asal Jawa Barat pulang setelah dikabarkan meninggal 22 tahun lalu

22 Tahun Dikabarkan Meninggal, Masiroh Kembali dan Ceritakan Kisahnya di Suriah

Seorang TKW bernama Masiroh pulang ke kampung halamannya di desa Pranggong, kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat setelah 22 tahun dikabarkan meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024