Pilkada, Beda Kubu Bikin ASN Bertikai

Ilustrasi pegawai negeri sipil (PNS)
Sumber :
  • Antara/ Feri Purnama

VIVA.co.id – Kementerian Dalam Negeri memantau netralitas Aparatur Sipil Negara pada proses Pilkada serentak 2017. Hasilnya, mereka menemukan masih ada pegawai negeri sipil yang berpihak pada calon tertentu. Bahkan, ada yang dilaporkan sampai berkelahi demi calon yang mereka dukung.

Jaring Calon Kepala Daerah, Golkar Sumatera Utara Pastikan Tidak Ada Maharnya

Wakil Tim Monitoring Pilkada 2017 Kementerian Dalam Negeri Hariadi memaparkan, di beberapa daerah ditemukan ASN saling membuat kubu, terutama pada daerah dimana kepala daerah dan wakilnya bersaing. 

"Ada beberapa daerah kontestasi ASN sampai pada level berantem. Perselisihan itu bahkan sampai pukul-pukulan kecil," kata Hariadi, usai rapat konsolidasi hasil pemantauan Pilkada serentak 2017, di Kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis, 22 Desember 2016.

Cari Pengganti Gibran, PDIP Solo Buka Penjaringan Bakal Cawalkot Solo

Hanya saja, Hariadi tak mau mengungkap daerah yang memiliki pertikaian ASN karena perbedaan dukungan pada Pilkada. Menurutnya, tidak etis jika hal ini disebarkan ke publik. "Ada yang seolah-olah menjadi die hard, berani tampil," ujarnya menjelaskan.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, juga mengakui adanya keberpihakan ASN dalam Pilkada serentak 2017. Meski begitu, berdasarkan hasil pemantauannya, dia mengklaim tren ASN yang terlibat secara politik dalam Pilkada jumlahnya semakin sedikit. Sebab, sesuai aturan ASN harus menjaga netralitas selama pelaksanaan Pilkada.

Diberi Mandat Golkar Maju di Pilgub Sumut, Bobby Nasution Belum Ketemu Ijeck

(mus)

Jumpa pers penjaringan calon Kepala Daerah DPD Golkar Sumut, berlangsung di Kantor DPD Golkar Sumut, Kota Medan.(B.S.Putra/VIVA)

Penjaringan Cagub Sumatera Utara Partai Golkar Lewat Survei, Ijeck Masih yang Tertinggi

Dalam penjaringan bakal calon kepala daerah pada Pilkada Serentak  2024, DPD Partai Golkar Sumatera Utara akan melakukan survei melihat elaktabilitas bakal calon tersebut

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024