Umat Nasrani Diimbau Tak Bawa Tas Besar Saat Ibadah Natal

Persiapan Sejumlah Gereja Menjelang Perayaan Natal
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA.co.id – Polri meminta kepada umat Kristen yang akan menjalankan ibadah Natal tak membawa tas yang berukuran besar. Hal ini dilakukan untuk memudahkan deteksi dan mencegah kemungkinan tindakan kejahatan dan aksi terorisme saat Natal.

Polisi di Surabaya Ditahan, Diduga Cabuli Anak Tiri Sejak SD sampai SMP

"Kami berharap umat yang mau menjalankan ibadah bawa barang-barang secukupnya saja, tas-tas besar jangan dibawa," kata Kepala bagian Penerangan Umum Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Kombes Pol Martinus Sitompul di Jakarta, Jumat 23 Desember 2017.

Pasalnya, guna mengantipasi adanya tindakan kejahatan pada perayaan ibadah Natal akan dilakukan penyisiran setiap rumah ibadah oleh personel dan penjinak bom dan pasukan Brigade Mobil (Brimob).

Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah

"Penyisiran selektif khususnya gereja tempat ibadah besar patut dirasa butuh strerilisasi dari teman-teman Brigade Mobil," ujarnya menambahkan.

Menurut Martinus, pengamanan perayaan Natal tak hanya dilakukan di rumah ibadah Nasrani melainkan di lokasi-lokasi objek wisata dan pusat perbelanjaan. Pusat-pusat publik itu disebut menjadi perhatian instansi penegak hukum.

6 Jenderal Polisi Bintang 4 yang Berasal dari Jawa Tengah, Siapa Saja?

"Patroli ditingkatkan, petugas yang seragam dan anggota enggak berseragam, mereka bergerak penyelidikan, me-monitoring dan melakukan pengawasan."

(mus) 

Pembukaan pendidikan mahasiswa sarjana STIK Lemdiklat Polri

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Upacara pembukaan pendidikan mahasiswa S1 STIK Lemdiklat Polri angkatan ke-82 digelar pada hari ini, Selasa, 23 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024