Tangis Haru Warnai Doa Bersama 12 Tahun Tsunami Aceh

Warga Aceh gelar doa bersama peringati 12 tahun bencana tsunami yang merenggut ratusan ribu korban jiwa.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zulfikar Husein

VIVA.co.id – Ribuan warga Aceh larut dalam tangis dan doa saat memeringati 12 tahun bencana Tsunami, Senin, 26 Desember 2016. Setiap daerah menggelar kegiatan doa bersama mengenang bencana alam terbesar dalam sejarah Aceh tersebut.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Pantauan VIVA.co.id, doa bersama dan peringatan tsunami di Provinsi Aceh Utara dipusatkan di lokasi Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Kruengmane, Muara Batu. Ribuan warga mulai dari anak-anak hingga orangtua turut menghadiri kegiatan tersebut.

Meski sudah 12 tahun berlalu, bencana besar yang merenggut ratusan ribu korban jiwa tersebut masih membekas di benak masyarakat. Warga masih sangat sulit melupakan kejadian nahas tersebut.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

"Tidak mungkin bisa kami lupakan, banyak keluarga dan saudara kami jadi korban dalam musibah tersebut," ujar Ummi, salah seorang warga yang mengalami musibah tahun 2004 silam.

Ia berharap, keluarganya serta semua masyarakat Aceh yang pada waktu itu menjadi korban agar dihapus dosanya oleh Allah. "Semoga mereka ditempatkan di surganya Allah," katanya.

BMKG 'Tak Berkedip Mata' Pantau Potensi Tsunami Imbas Erupsi Gunung Ruang

Selain doa bersama, kegiatan peringatan bencana Tsunami tersebut juga diisi dengan ceramah agama. Penceramah kembali mengingatkan masyarakat bahwa setiap bencana merupakan cobaan atau ujian yang harus dijadikan sebagai bahan renungan.

Penceramah meminta warga untuk berayukur dan melihat hikmah di balik musibah besar tersebut. "Mari kita mengoreksi diri dan meningkatkan keimanan kita dan juga tanggungjawab kita kepada Allah SWT," ujar Tgk. Yusuf, penceramah. (ase)

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

BMKG mengingatkan warga agar mewaspadai potensi terjadinya tsunami akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Kabupaten Sitaro, Sulut

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024