Hulu Sungai Citarum Jadi Kawasan Konservasi

Keadaan banjir di Karawang akibat Sungai Citarum meluap.
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVA.co.id – Kawasan hulu sungai Citarum dan hulu sungai Cimanuk akan dikelola menjadi kawasan konservasi hijau dengan alokasi dana APBN 2017 sebesar Rp280 miliar.

Bayar Pajak Kendaraan Sekarang Dapat Diskon

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menjelaskan rencana tersebut diputuskan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla dalam pertemuan di Jakarta.

"Kita manfaatkan dengan baik. kita ingin menghijaukan kembali kawasan Citarum dan Cimanuk hulu secara konservasi jadi hidrologi air bagus, pelestarian hutan bagus, serapan air jadi bagus dan banjir berkurang," kata pria yang akrab disapa Aher itu di Bandung Jawa Barat, Selasa, 27 Desember 2016.

Proyek Pengolahan Sampah Jadi Energi di Bekasi Terancam Gagal Karena Tata Kelola Buruk

Menurutnya kawasan sungai diprioritaskan menjadi lahan pemberdayaan penanaman kopi disela - sela tanaman pokok. Pasalnya, kawasan tersebut dinilai memiliki potensi perputaran ekonomi. "Pada saat bersama ada nilai ekonomis, karena akan ditanami kopi," katanya.

Menurutnya, upaya konservasi dan penggunaan kawasan, Pemerintah Pusat berencana membantu dengan menanam tanaman tegak dan ditambah oleh optimalisasi pengembangan kopi.

Dilaporkan Hilang, Seorang Pria Ditemukan Tewas Dicor Dalam Rumah di Cimahi

Pihaknya optimistis, kawasan sungai tersebut akan pulih dan meminimalisasi potensi banjir yang saat ini menjadi musibah langganan masyarakat kawasan sungai.

Saat ini, dua kawasan tersebut pohon - pohon besar terus terpangkas ditambah dengan tanaman musiman di kawasan tebing.

"Optimis karena Pak Wapres yang bilang begitu. Mudah-mudahan anggaran tersebut disediakan di 2017. Kita ingin mengawal dengan baik, melakukan gerakan masyarakat dengan baik, untuk menghijaukan citarum dan cimanuk hulu sekaligus bernilai ekonomi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya