Kenalkan Ini Yaser, Bocah Tangguh Asal Bima

Yaser Arafat, bocah pengungsi banjir bandang di Kota Bima Nusa Tenggara Barat, saat mengasuh adiknya di lokasi pengungsian.
Sumber :
  • VIVA.co.id/facebook@Nur Janah

VIVA.co.id – Namanya Yaser Arafat, persis dengan nama pemimpin organisasi pembebasan Palestina yang mendunia. Namun ini bukan soal itu.

BPBD Luwu Sebut 7 Orang Tewas, 2 Hilang, dan Ribuan Rumah Terdampak Banjir

Ini adalah Yaser, bocah kelas enam sekolah dasar asal Kota Bima Nusa Tenggara Barat. Akhir Desember lalu, rumahnya luluh lantak tak bersisa akibat diterjang banjir bandang.

Yaser, bocah kurus berkulit sawo matang ini namanya menggema di jejaring sosial ketika fotonya tengah memberi susu adiknya yang masih bayi di sebuah lokasi pengungsian korban banjir Bima.

Brigadir Ridhal Ali Diduga Setor ke Kapolres, Madinah Diterjang Banjir Bandang

Tangannya terlihat piawai memangku dan menggendong adiknya sembari memberi susu lewat sebuah botol.

Mengutip dari tulisan pemilik akun Facebook bernama Nur Janah, yang menjadi pengunggah foto bocah malang ini, Yaser diketahui memiliki dua orang adik yang masih kecil.

Hujan Lebat Mengguyur Arab Saudi, Madinah Diterjang Banjir Bandang

Ibunya disebutkan terkena sakit jantung dan kini memang sedang bertahan di lokasi pengungsian bersama Yaser. Karena itu, kini seluruh pekerjaan rumah tangga keluarga diambil alih oleh Yaser.

Mulai dari memasak, mencuci piring sampai bersih-bersih termasuk mengasuh kedua adiknya yang masih bayi dilakoni Yaser.

"Ibu saya sakit, kasihan kalau istirahatnya terganggu," kata Yaser seperti dikutip Nur Janah yang dituangkannya dalam akun facebook.

Ragam simpatik pun mengalir deras sejak munculnya foto Yaser. Wajah polosnya dan sikap dewasanya mengurus rumah tangga usai dihantam banjir menakutkan, menebar haru dan kekaguman pengguna jejaring sosial.

Nur Janah, pemilik akun facebook yang mengunggah foto Yaser pun mengaku takjub dengan kemauan Yaser mengurus keluarganya meski itu menyita waktu bermain bocah tersebut.

"Setiap hari dipengungsian, saya sangat kagum melihat kasih utk keluarganya. Kala tengah malam buta, saat semua orang terlelap Yaser kecil membuatkan adeknya susu," tulis Nur Janah.

Kini, Yaser telah menginspirasi banyak orang. Semangatnya bertahan dalam keterbatasan dan kemauannya merawat keluarga menjadi hal yang dikagumi banyak orang.

Yah, seperti yang ditulis Nur Janah, kelak Yaser pasti akan menjadi pemimpin besar. Hal kecil yang dilakukannya terbukti menjadi inspirasi bagi banyak orang saat ini. "Kelak engkau akan menjadi lelaki hebat Yaser, yakinlah."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya