Amien: Jangan Ribut Hanya Karena Tari Pendet

VIVAnews - Mantan Ketua MPR Amien Rais menanggapi ketegangan Indonesia-Malaysia terkait penggunaan tari pendet dalam iklan pariwisata oleh Malaysia itu, sebagai sebuah pembelajaran bukan sesuatu yang harus diributkan.

Menurut Amien, persoalan ini memang seharusnya diselesaikan dengan cara damai. "Jangan terlalu emosional, bangsa serumpun tidak harus saling berkelahi," kata Amien Rais yag juga sebagai Ketua Dewan Pembina PAN, di Padang, Selasa, 1 September 2009.

Menurut Amien, budaya memiliki nilai-nilai universal dan menjadi milik kemanusian. Ia mencontohkan tentang Barongsai yang dimainkan hampir di seluruh dunia karena etnis Tiong Hoa ada di mana-mana. "Kalau bisa dibicarakan lagi dan mari kita duduk semeja," kata Amien.

Ketegangan RI dan Malaysia muncul ketika saling klaim kepemilikan pulau Sipadan dan Ligitan yang akhirnya menjadi milik Malaysia. Ketegangan kembali berlanjut saat kapal perang Malyasia sering melewati zona laut RI di Ambalat yang membuat kapal perang RI kerap mengusir kapal Malaysia.

Seperti tak pernah reda, Malaysia kembali menyulut kemarahan masyarakat RI saat tari Pendet dimasukkan dalam iklan pariwisata Negeri Jiran. Baru-baru ini, Pulau Jemur yang berada di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, diklaim sebagai tujuan kawasan wisata Malaysia.

Laporan: Eri Naldi | Padang

Terpopuler: Kebiasaan yang Tidak Boleh Dilakukan di Mekkah sampai Alasan ke BaliSpirit Festival
Ria Ricis

Terpopuler: Ria Ricis Diduga Sindir Teuku Ryan sampai Betharia Sonata Sakit

Round-up dari kanal Showbiz pada Sabtu, 4 Mei 2024. Salah satunya tentang Ria Ricis setelah rumah tangganya dinyatakan selesai alias bercerai.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024