Dalam Dua Hari, Gempa Bumi Dirasakan dari Bima Hingga Ambon

Ilustrasi/Seismograf merekam getaran gempa.
Sumber :
  • Antara/ Rudi Mulya

VIVA.co.id – Gempa bumi beruntun terjadi pada Jumat, 13 Januari 2017. Pergeseran lempeng bumi ini dirasakan terjadi di Banda Aceh dan Sukabumi dalam waktu hampir bersamaan.

Gunung Ruang Erupsi Lagi, BMKG Efektifkan Lima Stasiun Pendeteksi Tsunami

Laporan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa pertama terjadi di Barat Daya Banda Aceh pada pukul 02.19 dengan kekuatan 5,4 skala richter. Gempa ini berpusat di laut dengan kedalaman 89 kilometer.

Gunung Ruang di Sitaro Kembali Erupsi, PVMBG Minta Masyarakat Waspada Potensi Tsunami

Berselang 26 menit kemudian, gempa kembali terjadi di laut tepatnya di 74 kilometer Tenggara Kota Sukabumi Jawa Barat. Gempa ini tercatat memiliki kekuatan 4,6 skala richter dengan kedalaman 18 kilometer.

Kesaksian Warga, Gempa Garut Dirasakan Besar dan Terdengar Rumah Gemeretak dan Kaca Bergetar

Rangkaian gempa beruntun ini, sehari sebelumnya, tepatnya pada Kamis, 12 Januari 2017, juga pernah terjadi. Titik gempa terjadi di lokasi yang berbeda.

Pertama terjadi di Barat Laut Saparua-Ambon, dengan kekuatan 3,0 skala richter di kedalaman 10 kilometer. Kedua, terjadi di 23 kilometer Tenggara Bima Nusa Tenggara Barat dengan kekuatan 3,8 skala richter di kedalaman 107 kilometer.

Lalu, ketiga terjadi di Sigli Pidie Aceh dengan kekuatan 3,6 skala richter di kedalaman 10 kilometer. Dan terakhir atau keempat, terjadi di 111 kilometer barat daya Kaur Bengkulu dengan kekuatan 5,2 skala richter di kedalaman 10 kilometer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya