Tiga Bayi Harimau Benggala di Semarang Diberi Nama Khusus

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, menggendong tiga bayi harimau Benggala koleksi di Kebun Binatang Mangkang pada Sabtu, 14 Januari 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id - Pengelola Taman Margastwa atau Kebun Binatang Mangkang, Kota Semarang, Jawa Tengah, tengah bersuka cita dengan bertambahnya penghuni baru. Kebahagiaan itu karena kelahiran tiga bayi harimau berjenis Benggala yang lucu dan menggemaskan.

Incumbent Mba Ita Isyaratkan Tak Maju Pilwakot Semarang: Saya Ingin Pensiun

Tiga penghuni baru itu adalah dua bayi jantan dan satu bayi betina hasil perkawinan harimau betina bernama Kliwon dan pejantan Rengganis. Mereka lahir pada 4 Januari 2017. Ketiganya juga cucu dari macan betina bernama Manis dan pejantan bernama Rangga.

Kebahagiaan kelahiran penghuni baru semakin besar saat Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, berkesempatan memberi nama untuk tiga bayi harimau itu. 

Walkot Semarang Minta Pecinta Motor Optimalkan Sirkuit Mijen: Kalau Mau Brong-brong, Monggo!

"Saya beri nama Berani untuk si jantan putih, karena warnanya langka. Untuk si jantan cokelat, saya namakan Landhep, dan betina cokelat dengan nama Lanthip," kata Hendrar saat tinjauan di Kebun Binatang Mangkang pada Sabtu, 14 Januari 2017.

Hendi (sapaan akrabnya) pun berkesempatan menggendong tiga anak harimau itu. Selain jinak dan lucu, ketiganya juga bertingkah menggemaskan dengan lebatnya bulu.

Polisi Gerebek Truk Berisi Ratusan Anjing yang Akan Dijagal, Ini Respons Wali Kota Semarang

"Harapan kami, penghuni baru Bonbin (Kebon Binatang) Mangkang ini akan semakin memantik wisatawan di Kota Semarang dan sekitarnya untuk datang," kata Hendi.

Menurut dia, Kebun Binatang Mangkang adalah salah satu lokasi wisata yang menjadi sumber pendapatan terbesar daerah. Pemerintah kota sedang menyiapkan perusahaan induk bagi Kebun Binatang Mangkang agar pengelolaannya lebih baik.

"Kami dapat membenahi infrastruktur, jalur hijau, perawatan binatang, serta pengembangan keanekaragaman binatang agar lebih baik lagi," katanya.

Kepala Unit Pelaksanaan Teknis Dinas Kebun Binatang Mangkang, Kusyanto, menjelaskan bahwa tiga harimau Benggala kecil itu menambah koleksi satwa di Kebun Binatang Mangkang. Sebelumnya jumlah harimau Benggala hanya sembilan ekor kini menjadi sebelas ekor.
 
"Kelahiran penghuni baru ini jadi teramat spesial, karena harimau jenis Benggala kini semakin langka dan diminati wisatawan," ujarnya.

Di Kebun Binatang Mangkang, kata Kusyanto, jumlah hewan cukup banyak dengan 40 spesies dan total 200 satwa. Lokasi wisata itu pun cukup mudah dijangkau karena berada di jalur pantai utara Jawa, tepatnya perbatasan Semarang-Kendal.

Tiket masuk kebun binatang yang dibuka pukul 08.00-17.00 WIB itu cukup terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk Rp5.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya