GP Ansor Ikut Bentuk Satgas Anti Hoax

GP Ansor.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

VIVA.co.id - Maraknya berita bohong atau hoax membuat masyarakat mengalami kebingungan. Oleh karena itu, Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur pun membentuk Unit Khusus Cyber dan Satgas Anti Hoax.

Raffi Ahmad Geram Dituduh Lakukan Pencucian Uang, Begini Responnya

Wakil Ketua Pengurus Wilayah (PW) GP Ansor Jatim, M Nur Arifin, mengatakan satgas itu memiliki tugas utama untuk mengantisipasi munculnya berita hoax. Khususnya, yang beredar di sosial media, maupun internet. Unit tersebut dinamakan Ansor Banser Cyber (ABC).

"Nanti mereka inilah yang akan memantau berita hoax di internet atau sosial media ini," kata Arifin, di Surabaya, Senin, 16 Januari 2017.

Terpopuler: Ustaz Syafiq Basalamah Lancar Isi Kajian di Surabaya, Lonjakan Suara PSI Tak Masuk Akal

Arifin berharap, dengan dibentuknya satgas tersebut, maka persebaran berita hoax bisa diminimalisasi. Sehingga, masyarakat tidak akan dibingungkan lagi untuk mendapatkan informasi yang benar.

Untuk bisa menjadi anggota ABC, Arifin mengatakan akan dilakukan seleksi secara ketat. Mengingat, tugas yang akan mereka kerjakan juga dianggap cukup berat.

Terpopuler: Pengajian Syafiq Basalamah Dibubarkan Ansor, Bos Yakuza Jual Bahan Senjata Nuklir

"Selain seleksinya yang tidak sembarangan, yang harus mengerti tentang dunia maya, mereka juga akan mendapatkan pelatihan dari kami," ujar Arifin.

Sebelum GP Ansor, ada sejumlah pihak yang juga membentuk suatu gerakan melawan hoax. Misalnya adalah Masyarakat Anti Hoax atau Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFI). Mereka mengklaim menerima laporan 10 hingga 20 hoax tiap harinya. (ase)

Gowes Ansor 90 Kilometer

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor menggelar gowes atau bersepeda santai sepanjang 90 kilometer dari Jakarta ke Bogor, Jawa Barat pada Minggu, 21 April 2024. Kegiatan ba

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024