BMKG Sebut Deli Serdang Dilanda Gempa Dangkal

Warga Kota Medan berhamburan ke luar rumah saat gempa.
Sumber :
  • Putra Nasution (Medan)

VIVA.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menganalisis, gempa bumi tektonik dengan kekuatan 5,6 Skala Richter yang terjadi di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, merupakan jenis gempa bumi dangkal. 

Kronologi Istri di Deli Serdang Bakar Suami Hidup-hidup hingga Tewas

Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan, gempa tersebut terjadi akibat aktivitas sesar/patahan lokal dan bukan disebabkan oleh aktivitas Sesar Besar Sumatera (Sumatera Fault Zone). 

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempa bumi ini dipicu oleh mekanisme sesar mendatar. 

Anies di Hadapan Puluhan Ribu Pendukungnya di Deli Serdang Ajak Awasi TPS 14 Febuari 2024

"Peta tektonik setempat memang menunjukkan, di sebelah tenggara Berastagi dekat lokasi pusat gempa bumi terdapat beberapa struktur sesar lokal yang belum memiliki nama sehingga wajar jika di wilayah ini terjadi aktivitas gempa bumi," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Senin malam, 16 Januari 2017.

Gempa bumi berkekuatan 5,6 Skala Richter mengguncang Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Senin malam, 16 Januari 2017. Gempa yang terjadi pukul 19.42 WIB itu berpusat di koordinat 3,33 Lintang Utara dan 98,46 Bujur Timur, atau sekitar 28 kilometer arah Barat Daya Deli Serdang.

Didampingi Surya Paloh, Anies akan Menyapa 200 Ribu Orang di Kampanye Akbar di Deli Serdang

Dari penelusuran VIVA.co.id, dengan menggunakan aplikasi Google Maps, koordinat tersebut berada di sekitar kaki Gunung Sinabung. (asp)
 

Pengendara motor terobos perlintasan kereta api

Tabrakan Maut Kereta Api vs Mobil di Deliserdang, 2 Penumpang Tewas

Tabrakan maut antar kereta api KAU81 Srilelawangsa, dengan mobil Daihatsu GranMax di perlintasan tidak terjaga petak jalan Sta Binjai - Stasiun Medan, Sumatera Utara pada

img_title
VIVA.co.id
3 Maret 2024