29 Gempa Susulan Terjadi di Deli Serdang

Ilustrasi/Polisi dan petugas mall berada di dalam gedung bioskop yang rusak akibat gempa, di Medan, Sumatera utara, Senin (16/1/2017).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

VIVA.co.id – Setidaknya ada 29 kali gempa bumi susulan melanda wilayah Sibolangit Kabupaten Deli Serdang usai digoncang gempa 5,6 skala richter, Senin malam, 16 Januari 2017, sekira pukul 19.42 WIB.

Kronologi Istri di Deli Serdang Bakar Suami Hidup-hidup hingga Tewas

"Hasil monitoring BMKG hingga hari Selasa pukul 04.00 WIB, sudah terjadi 29 kali gempa bumi susulan dengan kekuatan yang terus mengecil secara fluktuatif," kata Daryono, Kepala Bidang Mitigasi dan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Selasa, 17 Januari 2017.

Dikatakan, gempa yang mengguncang wilayah Brastagi dan Sibolangit itu, terjadi secara bertahap. Awalnya, pada pukul 19.13 WIB terjadi gempa dengan kekuatan 3,9.

Anies di Hadapan Puluhan Ribu Pendukungnya di Deli Serdang Ajak Awasi TPS 14 Febuari 2024

Kemudian berlanjut sekira 29 menit setelahnya atau pada pukul 19.42 dengan kekuatan 5,6 dan kemudian mengecil pada pukul 19.58 dengan kekuatan 2,3.

"Tren yang terus mengecil ini menunjukkan kondisi tektonik yang makin stabil. Selain itu, karakteristik sesar lokal memang tidak memungkinkan untuk membangkitkan gempa bumi dengan kekuatan sangat besar," kata Daryono.

Didampingi Surya Paloh, Anies akan Menyapa 200 Ribu Orang di Kampanye Akbar di Deli Serdang
Pengendara motor terobos perlintasan kereta api

Tabrakan Maut Kereta Api vs Mobil di Deliserdang, 2 Penumpang Tewas

Tabrakan maut antar kereta api KAU81 Srilelawangsa, dengan mobil Daihatsu GranMax di perlintasan tidak terjaga petak jalan Sta Binjai - Stasiun Medan, Sumatera Utara pada

img_title
VIVA.co.id
3 Maret 2024