Paksa Sapi Minum Air Berember-ember, Pedagang Dibekuk

Para pedagang sapi di Pasar Hewan Desa Kalimas Situbondo ketahuan sedang memaksa sapi-sapi mereka untuk meminum air hingga berember-ember, Senin (23/1/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/tribratanews

VIVA.co.id – Empat orang pedagang sapi di Pasar Hewan Desa Kalimas Situbondo Jawa Timur tak bisa berkutik usai ketahuan sedang 'menyiksa' hewan dagangan mereka.

MUI Jawa Timur Keberatan Miftachul Akhyar Mundur dari Ketua Umum

Dengan bermodal bambu, 10 timba plastik, dan tujuh gayung, rupanya para pedagang ini sedang memaksa sapi-sapi mereka untuk meminum air.

Praktik curang yang lazim dikenal dengan sebutan ‘gelonggong’ itu rupanya sengaja dilakukan oleh para pedagang agar sapi-sapi mereka terlihat gemuk dan berbobot sebelum dijual ke pembeli.

Harunya Pak Buari, Warga Terdampak Erupsi Semeru Dapat Hunian Baru

"Seluruh pemilik sapi diamankan ke Mapolsek Besuki untuk diberi pembinaan dan membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatannya," kata Kapolsek Besuki Resor Situbondo AKP Aryo Pandanaran seperti dilansir dalam Tribratanews yang dikutip VIVA.co.id, Rabu, 25 Januari 2017.

Praktik gelonggong memang sudah kerap muncul dan terjadi di Indonesia. Tindakan kejam kepada hewan ini dilakukan dengan memaksa sapi untuk meminum air dalam jumlah banyak.

Risma Ungguli Khofifah di Mata Emak-emak Jatim Versi Survei SSC

Caranya adalah dengan membuka paksa mulut sapi lalu memasukkan air dalam jumlah banyak dengan bantuan alat berupa selang atau corong khusus.

Banjir masih menggenangi rumah warga di Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa, 15 Maret 2022.

Pesantren dan Ratusan Rumah Terdampak Banjir di Jember

BPBD mengatakan ratusan rumah, satu pesantren, tiga mushala, dan satu sekolah terdampak banjir yang terjadi di enam lokasi di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022