UII Tanggung Seluruh Biaya Mahasiswanya yang Tewas

Keluarga mahasiswa yang tewas dalam kegiatan Mapala UNISI berbincang dengan Rektor UII Harsoyo (tengah) di rumah duka Rumah Sakit Bethesda, DI Yogyakarta, Selasa (24/1/2017)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

VIVA.co.id – Universitas Islam Indonesia memastikan akan menjamin seluruh biaya yang keluar dari kasus meninggalnya tiga mahasiswa usai mengikuti kegiatan latihan Mapala UNISI.

10 Kampus Bisnis Terbaik Dunia Tahun 2024

"Proses pelaporan ke polisi, autopsi, hingga ke pengurusan jenazah sampai ke rumah duka, dengan biaya ditanggung UII," kata Rektor UII Harsoyo, Rabu, 25 Januari 2017.

Sejauh ini, UII juga memastikan akan terus mendalami informasi dan berkomunikasi dengan keluarga mahasiswa yang meninggal. Termasuk juga mendorong proses pemulihan 34 mahasiswa lain yang mengikuti pendidikan dan latihan di Mapala UNISI.

Mahasiswa Yahudi Ketakutan usai Demo Anti-Israel Merebak di Kampus-kampus New York

Di mana 10 di antaranya masih menjalani perawatan intensif di RS JIH Yogyakarta. "Kondisi mahasiswa terus membaik, namun mereka butuh istirahat lebih lama," tambah Dekan Fakultas Hukum UII Aunurrochim.

Praktik dugaan kekerasan di dalam kegiatan Mapala UNISI yang digelar pada tanggal 13 – 20 Januari di lereng selatan Gunung Lawu ini, berawal dari meninggalnya Muhammad Fadli pada Jumat, 20 Januari.

Semua Pihak Diminta Tunjukan Kedewasaan Politik dan Menerima dengan Lapang Dada Hasil Pemilu

Lalu disusul oleh Syait Asyam di RS Bethesda pada Sabtu, 21 Januari. Dan kemudian Ilham Nurfadmi pada Senin, 23 Januari. Kini, masih ada delapan mahasiswa lagi yang mendapatkan perawatan medis.

Dari investigasi awal, diduga ada tindakan kekerasan yang dialami oleh ketiga mahasiswa tersebut. Ini ditandai dari sekujur tubuh mereka ada bekas lebam. Bahkan, salah seorang di antaranya sempat buang air besar darah akibat ada luka di dalam perut.

Pembukaan pendidikan mahasiswa sarjana STIK Lemdiklat Polri

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Upacara pembukaan pendidikan mahasiswa S1 STIK Lemdiklat Polri angkatan ke-82 digelar pada hari ini, Selasa, 23 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024