Istri Wali Kota Unggul Telak di Pilkada Batu Jawa Timur

Calon Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko (tengah).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lucky Aditya

VIVA.co.id – Pasangan calon Dewanti Rumpoko dan Punjul Santoso dinyatakan menang telak sebanyak 44,10 persen pada Pemilihan Kepala Daerah Kota Batu, Jawa Timur, hari ini. Ini berdasarkan survei Citra Komunikasi LSI Network

Dewanti Rumpoko Ditetapkan Menang di Pilkada Batu

Paslon Dewanti-Punjul ini unggul jauh atas para pesaing mereka. Pada urutan dua ditempati paslon H. Rudi-Sujono dengan 20,67 persen, paslon Haeruddin-Angga Sonatha dengan 17,92 persen, serta paslon independen Abdul Majid-Kasmuri Idris dengan 17,31 persen.

Di tiga kecamatan yang ada di kota Batu, paslon Dewanti-Punjul unggul telak di atas 40 persen. Ketiganya yaitu Kecamatan Batu dengan memperoleh 41,20 persen, Kecamatan Bumiaji memperoleh 46,11 persen, dan Kecamatan Junrejo memperoleh 47,09 persen.

Tokoh Star Wars Jaga TPS di Pilkada Batu

"Selamat kepada pasangan Dewanti dan Punjul dengan kemenangan 44,10 persen. Tentu ini hasil yang tidak mengagetkan. Sebab, dalam beberapa survey selalu menempatkan nomor satu (H. Rudi dan Sujono). Survei terbaru bulan Januari kemarin sekitar 47 persen," kata Direktur Citra Komunikasi LSI Network, Totok Izulfatah, di Batu, Jawa Timur, Rabu, 15 Februari 2017.

Ia juga menjelaskan, selain figur Dewanti Rumpoko sebagai politisi, istri Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko itu dianggap lebih populer di masyarakat ketimbang paslon lainnya. Dari hasil survei, Dewanti di atas 90% untuk angka pengenalan di masyarakat.

Polisi Pastikan Tak Ada Bom di Gereja Kota Batu

"Selain itu karena kesuksesan kinerja suaminya sebagai Wali Kota Batu dan dari segi kepuasan masyarakat. Wakilnya, Punjul Santoso sebagai Wakil Wali Kota petahana juga unggul. Ini pasangan yang sinergis sama-sama unggul di bidangnya masing-masing," papar Totok.

LSI menduga masyarakat takut jika ada pergantian pemimpin baru di luar jaringan Eddy Rumpoko akan berakibat menurunnya kinerja Pemerintah Kota Batu. Dengan demikian, masyarakat memilih figur yang ada di lingkaran petahana.

"Dewanti diuntungkan elektabilitas suaminya yang dikenal sebagai pemimpin yang mempunyai kinerja bagus," ujar Totok. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya