Gempa 4,8 SR Guncang Tasikmalaya, Tidak Potensi Tsunami

Ilustrasi gempa.
Sumber :
  • http://www.technologyindonesia.com

VIVA.co.id – Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,8 skala richter mengguncang Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, pada pukul 22:39:41 WIB, Minggu 19 Februari 2017. Belum ada informasi terkait korban jiwa maupun kerusakan akibat peristiwa ini.

Tasikmalaya Gempa 4,8 SR, Terasa di Ciamis dan Cianjur

Dari data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang diterima VIVA.co.id, pusat gempa terjadi di titik koordinat 8,08 LS dan 108,01 BT, tepatnya 49 km arah Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya dengan kedalaman 10 km.

Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan hingga daerah Garut, Kota Banjar dan Kota Tasikmalaya dalam skala intensitas II SIG-BMKG (III-IV MMI).

Tasikmalaya Diguncang Gempa 4,3 SR

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa ini merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas patahan lokal di sekitar daerah subduksi Selatan Jawa.

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempa bumi susulan. Untuk itu kepada masyarakat di daerah pesisir selatan Jawa Barat diimbau agar tetap tenang karena gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. (one)

Kampung Pedangdut Evie Tamala Diguncang Gempa
Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Tasikmalaya Diguncang 2 Kali Gempa, Warga Panik Berhamburan Keluar Rumah

Warga Kota Tasikmalaya panik diguncang dua kali gempa pada Minggu dini hari, 4 Desember 2022. Pertama M 2,9 dengan kedalaman10 km dan gempa M 2,8 kedalaman 10 km

img_title
VIVA.co.id
4 Desember 2022